TEMPAT YANG HAPPENING INI PAS BUAT OLAHRAGA PAGI DI UBUD

TEMPAT YANG HAPPENING INI PAS BUAT OLAHRAGA PAGI DI UBUD

Monday, 26-11-2018 | 09:33

 

Saat mengunjungi Bali, yang pertama terlintas di pikiran kita pasti wisata pantainya. Bali memang surganya pantai. Di Pulau Dewata ini terdapat beragam pantai cantik yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur. Tapi Bali tentunya tak hanya soal pantai. Di daerah dataran tinggi seperti di Ubud misalnya, terdapat tempat wisata yang tak biasa, bukan pantai, gunung, air terjun maupun heritage, melainkan sebuah spot untuk jogging, Bukit Campuhan namanya.

 

Bukit Campuhan merupakan sarana untuk olahraga pagi dengan trek bernuansa alam yang terbilang ringan. Ditambah dengan padang rumput ilalang yang tumbuh secara alami dengan diapit 2 anak sungai. Ini adalah poin plus di mana Trippers bisa menikmati 2 hal sekaligus, yakni jogging dan menikmati pemandangan alam yang hijau di Bukit Campuhan ini.

 

Baca juga: "Wow, Ada Stonehenge Keren di Gianyar Lho!"

 

Bukit Campuhan sangat pas dikunjungi di pagi hari mulai pukul 06.00 hingga 09.00. Hawa sejuk segar khas perbukitan masih bisa dirasakan. Tempat yang terbilang unik dan berbeda ini menjadi incaran banyak wisatawan domestik bahkan asing yang ingin merasakan ketenangan di tengah hiruk-pikuknya pusat turis di Bali.

 

Banyak turis yang menyebut Bukit Campuhan dengan nama Campuhan Ridge Walk, sementara penduduk setempat menyebutnya dengan nama Bukit Suci Gunung Lebah. Nama tersebut diambil karena lokasi Bukit Campuhan masih berada dalam wilayah Pura Gunung Lebah.

 

Baca juga: "Tibumana, Air Terjun Kembar yang Mempesona di Bangli"

 

Pura Gunung Lebah adalah langkah awal sebelum trekking menuju Bukit Campuhan dimulai. Jalur trekking memiliki lebar 1,5 m dan panjang sekitar 2 km atau membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari ujung ke ujung. Apabila dirasa melelahkan, Trippers bisa menyewa sepeda kayuh dengan harga sewa Rp15.000/sepeda di area parkir kendaraan. 

 

 

Selain itu, tempat ini masih dianggap sakral oleh penduduk setempat, sehingga diperlukan kesopanan dengan menjaga kebersihan, ketenangan serta kesucian Bukit Campuhan dan Pura Gunung Lebah.

 

Apabila Trippers ingin merasakan sensasi jogging di Bukit Campuhan, tempat ini berada di Jalan Bangkiang Sidem, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar dan bisa diakses dari Bandara Ngurah Rai Denpasar dengan kendaraan sewaan dengan jarak sekitar 40 km atau butuh waktu sekitar 1,5 jam berkendara.

 

Untuk memasukinya, Trippers hanya dipungut biaya parkir sebesar Rp5.000 per kendaraan. Diimbau untuk membawa bekal air minum, pasalnya di lokasi trekking Bukit Campuhan belum ada warung. Fasilitas umum baru tersedia kamar kecil saja.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


958

Back to Top