APA? PANTAI KUTANG? KOK NAMANYA NGGAK BANGET SIH?

APA? PANTAI KUTANG? KOK NAMANYA NGGAK BANGET SIH?

Thursday, 04-10-2018 | 09:23

 

Emang sih agak menggelitik di telinga saat mendengar nama wisata pantai yang satu ini, Pantai Kutang. Kok bisa ya dikasih nama Pantai Kutang? Itu ‘kan pakaian dalam wanita? Atau jangan-jangan di sana banyak pengunjung yang bebas mengenakan bikini kayak di Bali?

 

Kalau ditelisik dari sejarah, penamaan Pantai Kutang memang berkaitan dengan kutang atau bra. Jauh sebelum Pantai Kutang menjadi destinasi wisata, di tempat ini entah kenapa banyak sekali ditemukan kutang yang berserakan hingga membuatnya nampak kumuh dan kotor. Hingga suatu ketika masyarakat setempat berinisiatif untuk bersih-bersih pantai dengan mengumpulkan sampah berupa kutang dan sampah-sampah lainnya. Itulah awal mula dinamakannya pantai ini dengan nama Pantai Kutang.

 

 

Pantai Kutang merupakan destinasi yang cukup populer di Lamongan Jawa Timur dan sekitarnya, namun belum menggema hingga ke luar daerah. Meskipun demikian, Pantai Kutang tetap memiliki pesona tersendiri. Bagaimana tidak, selain menawarkan keindahan pantai berpasir putih, pantai ini juga kian dipercantik dengan adanya jembatan kayu berwarna-warni. Jembatan tersebut dibangun memanjang sebagai penghubung dari lokasi parkir hingga lokasi pantai. Pengunjung bisa merasakan sensasi jalan-jalan santai di atas jembatan, berfoto-foto sambil menikmati panorama lautan yang tenang di sebelah utara dan hijaunya hutan mangrove di sebelah selatan.

 

Jembatan kayu berwarna-warni

 

Setelah melalui jembatan kurang lebih 500 meter, akan terpampang tulisan Pantai Kutang dalam ukuran besar yang menjadi penanda bahwa pengunjung telah sampai di lokasi. Pantai ini sangat tenang dan bersih, sama sekali tidak terlihat ombak besar seperti halnya pantai selatan. Telah dibangun pula beberapa warung makan yang sekaligus menyewakan gazebo cantik dengan harga Rp20.000 per 30 menit. Ada pula 2 buah ayunan yang bebas dimanfaatkan sebagai spot foto di sebelah timur dan barat pantai ini.

 

Ayunan untuk spot foto

 

Bagi pengunjung dari Jakarta yang ingin liburan ke Pantai Kutang, berikut rutenya:

1. Pilih penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Juanda Sidoarjo Surabaya.

2. Dari Bandara Juanda gunakanlah ojek atau taksi online untuk menuju Stasiun Gubeng, dengan jarak sekitar 20 km atau kurang lebih 45 menit perjalanan.

3. Setibanya di Stasiun Gubeng perjalanan dilanjutkan menggunakan kereta api menuju Stasiun Lamongan, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

4. Dari Stasiun Lamongan gunakanlah kendaraan roda dua mengingat belum tersedianya transportasi umum. Jarak dari Stasiun Lamongan menuju Pantai Kutang sekitar 60 km atau kurang lebih 1,5 jam.

 

Baca juga: "Ssstt... Ada Kabut Pelangi di Austria van Java"

 

Lokasi Pantai Kutang berada di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Saat memasuki Dukuh Kentong, pengunjung akan melewati lahan pertanian garam yang sangat luas.

 

Untuk memasuki Pantai Kutang pengunjung hanya diminta membayar Rp1.000/orang dan biaya parkir motor Rp3.000. Fasilitas seperti mushola dan toilet umum sudah tersedia. Sayangnya, sampai saat ini kendaraan roda empat belum bisa masuk ke lokasi karena jalan penghubung masih terlalu sempit dan rusak. 

 

Teks & Foto: Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


762

Back to Top