PANTAI LORENA, ALTERNATIF WISATA DI LAMONGAN

PANTAI LORENA, ALTERNATIF WISATA DI LAMONGAN

Wednesday, 03-10-2018 | 08:35

 

Mendengar kata Lamongan pasti yang pertama terlintas di pikiran kita adalah Soto Lamongan. Kuliner lezat dengan taburan serbuk koya ini sudah dikenal di mana-mana. Tidak hanya di lingkup Lamongan saja namun di luar Lamongan pun sudah banyak yang menjualnya. Tapi selain soal kuliner, Lamongan juga mempunyai wisata andalan yaitu Wisata Bahari Lamongan atau biasa disebut WBL. Tempat ini tidak pernah mengenal kata sepi, selalu dipadati pengunjung terutama saat hari Sabtu dan Minggu atau saat liburan sekolah.

 

Lalu apa lagi ya yang bisa dinikmati di Lamongan? Jawabnya adalah wisata pantai. Kabupaten yang masuk wilayah Jawa Timur ini memang memiliki beberapa pantai yang layak diperhitungkan, salah satunya adalah Pantai Lorena. Pantai ini mudah sekali ditemukan karena lokasinya yang sangat strategis yakni berada di tepi jalan utama tepatnya di Jalan Raya Paciran, Kabupaten Lamongan atau sekitar 1 km di sebelah barat WBL.

 

Kenapa namanya Lorena? Seperti nama bus saja ya. Jadi sebenarnya nama Pantai Lorena ini diambil dari nama desa serta posisi pantai tersebut, di mana Pantai Lorena merupakan singkatan dari bahasa Jawa “LORE NAnjan” yang berarti sebelah utara dari Desa Penanjan. Itulah cikal bakal lahirnya nama Pantai Lorena.

 

Biasanya Pantai Lorena dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat, baik istirahat sekaligus makan siang di tepi pantai atau hanya sekadar duduk bersantai sambil berteduh di bawah pepohonan. Pantai berpasir putih ini merupakan pantai yang tenang, nyaris tidak ada gelombang besar yang nampak mendekat ke tepian sehingga aman bagi siapa pun. Selain itu pengunjung juga bisa menghabiskan waktu untuk bermain air sambil berjalan di hamparan batu karang saat air sedang surut, merasakan sensasi jalan tanpa alas kaki sambil menunggu momen matahari terbenam.

 

 

Sampai saat ini belum ada patokan tarif resmi untuk tiket masuk maupun tiket parkir, semua masih gratis. Sementara dalam hal fasilitas, di Pantai Lorena sudah banyak warung-warung makan. Hanya saja toilet umum belum ada.

 

Baca juga: "Di Peru Ada Rainbow Mountain, di Jawa Timur Ada Rainbow Tree"

 

Bagi warga Jakarta yang ingin berkunjung ke Pantai Lorena, berikut rutenya:

1. Pilih penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Juanda Sidoarjo Surabaya.

2. Dari Bandara Juanda gunakanlah ojek atau taksi online untuk menuju Stasiun Gubeng, dengan jarak sekitar 20 km atau kurang lebih 45 menit perjalanan.

3. Setibanya di Stasiun Gubeng perjalanan dilanjutkan menggunakan kereta api menuju Stasiun Lamongan, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

4. Dari Stasiun Lamongan gunakanlah kendaraan sewaan mengingat belum tersedianya transportasi umum untuk menuju Pantai Lorena. Jarak dari Stasiun Lamongan menuju Pantai Lorena sekitar 40 km atau kurang lebih 1 jam.

Teks & Foto: Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


745

Back to Top