PANTAI PUNAGAAN BENER-BENER BIKIN MATA JADI SEGER

PANTAI PUNAGAAN BENER-BENER BIKIN MATA JADI SEGER

Wednesday, 05-09-2018 | 07:29

Emang sih awalnya saya nggak ada niatan main ke Selayar, tetapi setelah googling ternyata banyak banget tempat keren di sana. Ada wisata bukit, pantai, sejarah dan juga budaya. Mulai deh saya bikin itinerary ke Selayar bermodal googling dan Google Maps. Di itinerary yang saya tulis, ada satu tempat yang katanya bagus namun kurang dikenal masyarakat luas, namanya Pantai Punagaan di Dusun Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Bagusnya kayak apa ya? Apa kayak pantai-pantai pada umumnya di sekitaran Bali atau Lombok? Rasa penasaran yang semakin bertubi-tubi membuat saya jadi nggak sabar pingin cepet-cepet terbang ke Selayar. Setelah penantian yang cukup panjang akhirnya saya berangkat juga ke Selayar. Rutenya gampang kok, ambil saja penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar (tepatnya di Maros), lalu lanjut lagi ke Bandara H. Aroeppala, Selayar.

 

 

Untuk menuju Selayar sebenarnya bisa juga lewat jalur darat disambung jalur laut, tetapi kurang direkomendasikan karena bakalan butuh waktu lama, sekitar 9-10 jam. Sayang ‘kan waktunya malah kebuang di jalan. Jadi lebih enakan naik pesawat, apalagi sekarang sudah ada 3 penerbangan yang melayani rute ke Selayar, yaitu Wings Air, Trans Nusa dan Garuda Indonesia. Perjalanan ke Selayar dengan peasawat nggak sampai 1 jam. 

Yeeyy, akhirnya tiba juga di Selayar. Saya sempat ambil brosur pariwisata Selayar di pintu keluar bandara, buat referensi sekalian buat pegangan di jalan kalau sewaktu-waktu nggak ada jaringan buat buka Google Maps --minimal masih bisa pakai peta yang ada di brosur tadi. Habis itu langsung deh ambil motor matic yang saya sewa dari Kak Sulvisa (0852-4070-2970) dan mulailah menjelajahi Selayar dengan tujuan pertama Pantai Punagaan.

Hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah ini daerah masih benar-benar alami, tidak ada mal pastinya. Justru lebih banyak pohon kelapa yang berbaris rapi sehingga membuat sepanjang jalan utama terlihat begitu cantik. Ya maklumlah, Selayar selama ini ‘kan dinobatkan sebagai produsen kelapa (Cocos nucifera L) terbesar di Sulawesi Selatan, jadi wajar kalau di mana-mana banyak terdapat pohon kelapa.

Perjalanan menuju Pantai Punagaan ini cukup gampang, walaupun masih ada beberapa tanjakan dan titik jalan aspal yang rusak sehingga batuan-batuan kecil nampak berserakan. Waktu tempuhnya juga nggak lama, cuma sekitar 20 menit atau 10 km dari bandara. Sesampainya di lokasi motor bisa diparkirkan di tempat parkir yang cukup luas, tinggal berjalan sedikit sampailah di Pantai Punagaan. Ternyata emang bener, pantai ini berbeda dari pantai-pantai lainnya, lebih cakep dan menurut saya sepintas mungkin mirip sama Pantai Ora.

Jadi jangan dibayangkan selama di Pantai Punagaan kalian bisa mainan pasir di tepi pantai ya, karena Pantai Punagaan tidak memiliki garis pantai. Di pantai tersebut malah lebih banyak ditemui perbukitan hijau dengan pepohonan rindang yang sebagian menjulur ke laut. Terdapat pula jembatan kayu yang biasanya dipakai tempat sandaran perahu yang membuat Pantai Punagaan terlihat makin eksotis. Dari atas jembatan kayu ini kalian bisa menikmati keindahan bawah laut yang bisa dilihat secara langsung karena airnya sangat jernih. Buat yang hobi snorkeling, kalian bisa menyewa atau membawa alat snorkeling sendiri untuk merasakan sensasi sejuknya air Pantai Punagaan sekaligus melihat berbagai macam koleksi biota lautnya dari dekat. Setelah puas snorkeling, bale-bale yang dibangun menyatu dengan jembatan kayu pun sudah siap menyambut masa peristirahatan kalian.

 

 

Nggak perlu khawatir buat kalian yang lupa bawa alat snorkeling karena kalian bisa menyewa alatnya di sini kok. Tarifnya, snorkeling Rp50.000, masker Rp20.000 dan kaki katak Rp20.000 yang kesemuanya itu berlaku untuk 2 jam sewa. Perlu kalian perhatikan juga sebelum datang ke sini bawalah bekal makanan dan minuman, karena di sekitaran pantai belum terdapat warung makan.

 

Baca juga "RUMAH PANGGUNG INI BOLEH DICARI KALAU KE SELAYAR"

 

Oh ya, untuk masuk ke Pantai Punagaan juga gratis lho. So, buruan ajakin temen-temenmu buat ke sini karena Pantai Punagaan bener-bener bikin mata jadi seger.

Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


540

Back to Top