TIBUMANA, AIR TERJUN KEMBAR YANG MEMPESONA DI BANGLI

TIBUMANA, AIR TERJUN KEMBAR YANG MEMPESONA DI BANGLI

Sunday, 29-07-2018 | 16:54

 

Pulau Bali memang menjadi tujuan wisata paling favorit bagi siapa pun, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Soal tempat wisata Bali juga nggak perlu diragukan, banyak sekali jenisnya, ada wisata budaya, wisata religi, pantai, ataupun alam. Dengan segenap pesonanya Bali telah menyihir banyak wisatawan.

 

Nah, yang akan dikupas kali ini adalah wisata alamnya, Tibumana. Pernahkah Trippers mendengar Tibumana? Tibumana merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Meskipun telah memiliki nama resmi Tibumana, tetapi banyak orang menyebutnya sebagai “air terjun kembar”, hal ini terjadi karena ada dua air terjun yang mengalir berdampingan.

 

 

Air Terjun Tibumana bisa ditempuh dari Kota Denpasar dengan jarak kurang lebih 30 km atau dengan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Akses menuju Tibumana pun sudah terbilang bagus, meskipun jalannya berkelok-kelok namun nyaris tak ada jalan yang rusak ataupun berbatu. Saat memasuki kawasan Desa Apuan, pemandangan pepohonan kelapa yang berderetan akan menjadi teman perjalanan, Trippers pun tidak akan merasa bosan selama berkendara.

 

Untuk transportasi gunakanlah kendaraan pribadi atau sewa, mengingat transportasi umum menuju Tibumana belum tersedia. Sesampainya di lokasi parkir Trippers akan menemui penjaga loket untuk membeli tiket masuk sebesar Rp10.000/orang. Dari loket untuk menuju lokasi air terjun Trippers masih harus menuruni beberapa anak tangga cor campuran semen dan pasir kerikil. Tangga tersebut nantinya yang akan menghubungan kalian ke jalan datar yang masih berupa campuran batu dan tanah. Suara gemericik air terjun yang berpadu dengan suara kicaun burung yang bersahutan sudah mulai terdengar, pertanda lokasi Tibumana tidak jauh lagi. Total waktu yang dibutuhkan yakni sekitar 10 hingga 15 menit dengan berjalan kaki.

 

 

Tempat ini memang luar biasa, kita akan dimanjakan dengan suasana yang benar-benar sepi dan tenang, nuansa alamnya pun masih begitu terasa. Belum lagi kesejukan udara yang seolah menghipnotis kita untuk bersantai lebih lama di sana.

 

Air Terjun Tibumana ini tidak begitu luas, namun karena lokasinya yang tersembunyi menjadikannya seperti milik sendiri. Spot yang menjadi favorit Trippers adalah posisi berlatar belakang air terjun  --debit air yang tidak begitu deras memudahkan pengunjung untuk mengambil foto dari jarak dekat.

 

Tempat wisata ini lebih direkomendasikan untuk orang dewasa, namun anak-anak masih oke juga tapi harus dengan pengawasan orang tua. Untuk fasilitas toilet dan warung telah disediakan, letaknya berada di dekat loket pembelian tiket, sementara untuk parkir kendaraan gratis.

 


 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


406

Back to Top