SUDAH KE PANTAI WEDIOMBO DI GUNUNGKIDUL? PERNAH KE LAGUNANYA?

SUDAH KE PANTAI WEDIOMBO DI GUNUNGKIDUL? PERNAH KE LAGUNANYA?

Saturday, 14-07-2018 | 07:21

 

Bukan hanya eksis dalam hal keanekaragaman budaya, Yogyakarta juga memiliki keanekaragaman dalam hal wisata jenis lain, salah satunya adalah wisata bahari. Sepertinya Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang begitu identik dengan wisata pantai. Banyak pantai yang bisa kalian temui di kabupaten yang sebagian wilayahnya berupa pegunungan karst ini.

 

Adalah Pantai Wediombo yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul yang akan dibahas di sini. Pantai ini memiliki pemandangan cantik dengan sajian birunya air laut, pasir putihnya yang begitu halus dan sangat terjaga kebersihannya, hiasan batuan karang dengan berbagai bentuk yang unik dan telah ditumbuhi hijaunya lumut. Suasana pantai masih sepi.

 

Dengan berbagai pesonanya, destinasi satu ini sudah selayaknya kalian sambangi saat berada di Yogyakarta. Namun untuk kali ini yang akan dibahas bukanlah pantainya, melainkan lagunanya. Siapa sangka Pantai Wediombo yang sudah kelihatan cantik, ternyata masih menyimpan satu lagi kecantikannya yakni berupa laguna.

 

Baca juga: "Gunungkidul Punya Negeri di Atas Awan Lho, Namanya Geoforest Watu Payung Turunan"

 

Laguna ini terletak di sebelah selatan dan posisinya tertutup bebatuan karang besar. Seperti halnya laguna-laguna lain, Laguna Wediombo merupakan sebuah cekungan yang cukup besar yang terapit batuan karang sehingga bentuknya menyerupai kolam alami. Dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter dan juga kejernihan airnya, laguna tersebut sering dimanfaatkan pengunjung untuk berenang, sebagai tempat pemandian ataupun untuk sekadar bermain air.

 

Kalau sudah di sana cobalah sedikit menaiki karang yang tidak terlalu terjal supaya bisa mengambil lokasi terbaik untuk spot foto dengan background Laguna Wediombo. Keindahan pantai ini akan semakin sempurna saat senja tiba karena kalian akan menikmati pemandangan sunset, tentunya jika keadaan cuaca pada saat itu sedang cerah.

 

Sekitar Pantai Wediombo sebelum mencapai lagunanya

 

Bagi Trippers yang tertarik dengan Laguna Wediombo, kalian bisa berangkat dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Wediombo dengan jarak sekitar 70 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Akses jalan sudah terbilang baik meskipun ada beberapa bagian jalan yang nampak sedikit rusak.

 

Sesampainya di pos pembelian tiket, Trippers akan dimintai biaya tiket sebesar Rp10.000/orang, di mana harga tiket ini sekaligus untuk mengunjungi destinasi lain di sekitarnya seperti Pantai Watu Lumbung ataupun Gunung Batur. Sementara untuk biaya parkir kendaraan adalah Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp4.000 untuk mobil.

 

Setibanya di lokasi parkir Trippers harus melanjutkan perjalanan dengan menuruni sejumlah anak tangga dengan berjalan kaki sebelum akhirnya tiba di tepi Pantai Wediombo. Selama perjalanan tersebut Trippers akan menemui banyak sekali penginapan yang berjejeran dengan harga bervariasi dan juga warung-warung makanan. Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

 

Setibanya di Pantai Wediombo, untuk menuju lokasi laguna membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja dengan cara menyusuri sepanjang bibir pantai ke arah selatan. Tempat wisata ini cocok dijadikan tujuan wisata keluarga, namun untuk mengunjungi laguna diharapkan para orangtua selalu mengawasi anak-anaknya.


 

 

Teks & Foto: Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


872

Back to Top