KALAU JEMBER PUNYA PAPUMA, GUNUNGKIDUL PUNYA WATU LUMBUNG

KALAU JEMBER PUNYA PAPUMA, GUNUNGKIDUL PUNYA WATU LUMBUNG

Tuesday, 26-06-2018 | 13:45

Pantai Watu Lumbung

 

Pernahkah kalian mendengar Pantai Papuma di Jember? Pantai dengan keberadaan batu besar mengerucut yang menjadi ciri khasnya. Ternyata di Gunungkidul ada pula pantai yang mirip sekali dengan Pantai Papuma, pantai tersebut adalah Pantai Watu Lumbung. Seperti halnya Pantai Papuma, di Pantai Watu Lumbung juga terdapat batu besar yang berada di sekitaran pantai.

 

PantaiWatu Lumbung

 

Asal mula penamaan pantai ini karena karang besar tersebut menyerupai lumbung, sebuah tempat untuk menyimpan padi. Batu besar inilah yang pada akhirnya menjadi ikon dari Pantai Watu Lumbung. Pantai Watu Lumbung sendiri terletak di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya berada di sisi timur Gunung Batur atau sisi barat Pantai Wediombo. Jika diamati, posisi Pantai Watu Lumbung ini memang terapit oleh Pantai Wediombo dan Gunung Batur, hanya saja posisinya sedikit menjorok ke dalam, sehingga terkesan tersembunyi.

 

 

View dari atas Pantai Watu Lumbung

 

Apabila Trippers ingin menikmati Pantai Watu Lumbung, kalian bisa menuruni jalan setapak ke bawah sehingga posisi karang besar bisa kalian temukan. Panasnya cuaca di siang hari hampir tak terasa karena saking banyaknya pepohonan yang seolah menaungi perjalanan kalian dari terik matahari. Jalan yang akan kalian lewati adalah jalan yang sempit dan licin, sehingga Trippers dihimbau untuk mengenakan alas kaki anti slip.

Hal-hal menarik yang akan Trippers temukan di Pantai Watu Lumbung adalah suasana yang sepi dan tenang. Dengan jumlah pengunjung yang relatif sedikit, pantai ini semakin membuat kalian merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama. Selain pemandangan pantai dengan karangnya yang besar, Trippers juga akan disuguhi pemandangan terasering ataupun perbukitan yang hijau, dengan semilir angin sepoi dan begitu teduh.

Sebenarnya Tripers bisa turun hingga ke lokasi karang juga, namun karena jalan setapak belum tersedia, untuk menuruninya dibutuhkan kehati-hatian. Kalian pastinya akan benar-benar kesulitan saat memaksa untuk menuruni bukit. Kalian juga harus tetap waspada, karena meskipun sesampainya di bawah nanti kalian bisa berjalan di atas karang, ombak pantai selatan yang terkenal sangat besar sesekali datang menghampiri dan menghempas batu karang tersebut.

 

Baca Juga "ADA GUA UNIK DI GUNUNGKIDUL NIH, GUA RANCANG KENCONO NAMANYA"

 

Jadi Trippers disarankan untuk tidak turun ke lokasi karang karena dari atas pun spot-spot terbaik tetap akan kalian dapatkan, di mana jalan setapak nampak dari atas berhiaskan karang besar sebagai background pendukungnya.

Berikut gambaran rute dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menuju Pantai Watu Lumbung:

  • Dari kota Yogyakarta untuk menuju lokasi Pantai Watu Lumbung dibutuhkan sekitar 2,5 jam perjalanan atau berjarak kurang lebih 70 km.
  • Kendaraan lebih diutamakan kendaraan trail atau mobil offroad karena nantinya Trippers akan menemui jalanan berbatu yang sulit dilewati.
  • Jalanan berbatu tepatnya berada sekitar 1 km sebelum jalan setapak menuju lokasi pantai.
  • Tiket masuk sebesar Rp10.000/orang di mana biaya ini sekaligus untuk mengunjungi Pantai Wediombo dan Gunung Batur. Murah ‘kan?
  • Biaya parkir gratis.
  • Tidak terdapat toilet umum ataupun warung makan.
  • Gunakan alas kaki yang kuat dan anti slip.
  • Tidak cocok untuk orang tua dan anak-anak.

 

Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


563

Back to Top