ADA PANTAI BARU LAGI NIH DI GUNUNGKIDUL! PANTAI MBULUK NAMANYA

ADA PANTAI BARU LAGI NIH DI GUNUNGKIDUL! PANTAI MBULUK NAMANYA

Thursday, 31-05-2018 | 10:44

Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki paling banyak koleksi wisata bahari pastinya Kabupaten Gunungkidul. Deretan nama pantai-pantai baru dengan segala pesonanya seolah menggeser nama pantai-pantai lama yang lebih dulu tenar, sebut saja Pantai Kukup, Pantai Baron ataupun Pantai Krakal yang namanya sudah menggaung sejak lama namun terkesan terlalu mainstream untuk dieksplor.

Kabupaten yang memiliki pantai berkisar 100 tersebut ternyata masih menyimpan satu pantai lagi, pantai yang masih baru dan sangat asing bagi telinga masyarakat awam Yogya ataupun luar Yogya. Pantai tersembunyi yang masih jarang dikunjungi orang, masih begitu sepi, tenang dan bersih ini Pantai Mbuluk namanya.

Pantai Mbuluk letaknya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul atau berada di sebelah timur Pantai Baron. Untuk ke pantai ini sebenarnya nggak terlalu membutuhkan usaha yang berat karena jika diakses dari Kota Yogyakarta kondisi jalan pun sudah terbilang bagus.  Jalan bebatuan hanya ditemui setelah sampai di area pembelian tiket menuju lokasi parkir, itu pun nggak terlalu panjang, nggak sampai 5 menit.

Suguhan yang menonjol dan memanjakan mata dari Pantai Mbuluk adalah adanya dua karang besar yang mengapit pantai, di mana salah satu karangnya lebih menyerupai gua dengan batuan keras dan tajam. Trippers bisa memasuki gua karang tersebut dan berfoto di dalam gua dengan latar belakang birunya air laut dan langit.

Selain itu pantai ini terbilang masih alami, masih sangat bersih dengan pasir putihnya yang berkilau jika diterpa sorot cahaya matahari. Memang pantai Mbuluk cocok dijadikan pilihan utama bagi Trippers yang ingin mencari ketenangan di pantai, karena berada di lokasi ini seakan berada di pantai milik pribadi.

Baca Juga WOW! ADA HIDDEN BEACH BARU DI GUNUNGKIDUL

Pantai ini memang berukuran sangat mungil, hanya memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 25 meter. Selain sekadar untuk bermain air, Trippers juga bisa mencari biota laut di antara karang-karang. Bagi yang ingin berenang, pantai ini terbilang cukup aman karena ombaknya relatif tenang karena terbantu oleh adanya dua karang yang sekaligus berfungsi sebagai pemecah gelombang. Tetapi meskipun demikian, Trippers wajib waspada karena ombak di pantai selatan terkenal keganasannya terutama menjelang sore hari.

Bagi Trippers yang berasal dari Kota Yogyakarta yang ingin berkunjung ke Pantai Mbuluk diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan baik menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat, dengan sensasi jalanan khas Gunungkidul yang berkelok-kelok dan penuh dengan tanjakan. Belum tersedia transportasi umum menuju Pantai Mbuluk, jadi Trippers harus menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa.

Pantai Mbuluk masih minim fasilitas, hanya ada 1 hingga 2 warung dan 1 buah toilet umum. Sementara untuk memasuki lokasi pantai, tarif hanya dilihat dari kendaraan yang digunakan dan bukan dari jumlah pengunjungnya, yakni Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


109

Back to Top