TAHUKAH KAMU, PONOROGO PUNYA AIR TERJUN KEREN: KOKOK SAWOO NAMANYA

TAHUKAH KAMU, PONOROGO PUNYA AIR TERJUN KEREN: KOKOK SAWOO NAMANYA

Tuesday, 08-05-2018 | 18:05

 

Ponorogo, siapa yang tak mengenal daerah di Jawa Timur ini. Daerah yang selama ini begitu populer dengan kesenian tradisional reognya ataupun kelezatan kuliner Sate Ponorogonya. Siapa sangka Ponorogo selain menghadirkan wisata budaya ataupun kuliner, juga masih menyimpan pesona alam yang masih sangat alami dan belum terjamah. Adalah Kecamatan Sawoo yang menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa indahnya berupa air terjun.

 

Pemandangan air terjun nan elok ini bisa ditemukan di Desa Temon. Air terjun tersebut tidak lain adalah Air Terjun Kokok Sawoo. Gemercik air yang mengalir di sela-sela bebatuan besar, tanaman yang menghijau di sekeliling air terjun melengkapi pemandangan indah alam Air Terjun Kokok Sawoo.

 

Namun untuk menikmati keindahan air terjun ini butuh perjuangan yang cukup berat. Jika Trippers berasal dari Kota Ponorogo, diharuskan menempuh perjalanan kurang lebih 30 km atau sekitar 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor untuk menuju Desa Temon dengan kondisi jalan yang sangat rusak. Jadi diimbau untuk menggunakan sepeda motor nonmatic dan tidak menggunakan mobil.

 

Setelah mencapai desa tersebut tidak terlalu sulit untuk mencari lokasi air terjun karena tersedianya papan petunjuk yang berada di lokasi parkir. Sebenarnya tidak jauh dari lokasi parkir, pengunjung sudah bisa melihat keindahan air terjun dari kejauhan. Tapi tak afdol rasanya kalau tak langsung ke air terjunnya.

 

Baca juga: "Siapa Pun Bisa ke Air Terjun Tiu Kelep, Treknya Gampang!"

 

Untuk menuju lokasi, dari tempat parkir pengunjung masih diharuskan berjalan kaki kurang lebih 5 km atau sekitar 1 jam dengan melewati medan yang cukup terjal. Para pengunjung harus melewati perkebunan milik warga di mana hanya ada satu jalan yang berupa jalan setapak, selanjutnya pengunjung juga harus melalui jalan di antara bebatuan besar yang cukup licin.

 

Adapun beberapa aturan yang harus dipatuhi yakni para pengunjung tidak diperkenankan berada di lokasi lebih dari pukul 16.00 karena dikhawatirkan jika turun hujan jalan bebatuan akan terasa licin dan ini untuk menghindari arus air yang semakin sore semakin deras.

 

Air terjun ini memiliki dua tingkat. Para pengunjung bisa menaiki tingkat kedua namun tentunya harus disertai dengan kewaspadaan yang tinggi, mengingat bebatuan di lokasi tersebut sangat licin. Para pengunjung juga bisa menikmati suasana alam dengan berenang di kolam yang tidak begitu dalam yang terbentuk di bawah air terjun ataupun mandi di bawah guyuran air terjun.

 

 

Sementara ini Air Terjun Kokok Sawoo belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat. Sehingga fasilitas-fasilitas seperti kamar ganti, toilet ataupun warung sama sekali belum tersedia. Para pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 saja. Tak ada tiket masuk.

 

Baca juga: "11 Curug di Bogor Berikut Tingkat Kesulitannya"

 

 

 

 

 

Teks & Foto: Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


824

Back to Top