MEMILIH PAKET TRIP KE RAJA AMPAT, INI HAL-HAL YANG HARUS DITANYAKAN

MEMILIH PAKET TRIP KE RAJA AMPAT, INI HAL-HAL YANG HARUS DITANYAKAN

Friday, 15-09-2017 | 23:18

Paket trip murah ke Raja Ampat biasanya nggak ke Wayag. Sayang 'kan kalau nggak ke sini...

 

Komentar standar yang selalu saja dilontarkan mayoritas orang tentang trip ke Raja Ampat adalah “Ke Raja Ampat ‘kan mahal!” Padahal tergantung bagaimana menyiasatinya. Mau murah Rp 3 juta juga bisa. Cukup banyak trip organizer atau pemandu lokal perseorangan di Sorong atau Waisai yang menawarkan harga segini, yang membuat banyak orang berbinar-binar. Kok bisa murah? Kok yang lain ada yang nawarin 9 jutaan? Malah ada yang 25 juta!!! Yeah, pada dasarnya nggak ada yang too good to be true. Prinsip ada harga ada barang pasti berlaku. Variasi harga yang sangat mencolok pastilah karena perbedaan banyak hal.

 

Sebelum terlalu semangat melihat ada tawaran ke Raja Ampat yang cuma 3 juta, coba tanyakan dulu hal-hal berikut:

-          Berapa hari durasi trip-nya? 3 dengan 6 hari tentu beda jauh lah ya!

-          Berapa orang pesertanya? 10 atau 20 orang tentu jadi beda lah harganya...

-          Apakah airport dan port handling termasuk layanan yang diberikan? FYI saja, biaya porter di bandara dan pelabuhan Sorong maupun Waisai lumayan mahal lho! Kalau Anda bawa koper, naik ke kapal umum di pelabuhan agak ribet kalau nggak dibantu porter. Karena terkadang untuk naik kapalnya kita harus melewati beberapa kapal lain. Jembatan kayu untuk masuk ke kapal juga umumnya kecil dan posisinya miring.

-          Meeting point-nya di mana? Di Jakarta (kota asal Anda), atau di Sorong, atau bahkan di Waisai? Kalau meeting point di Jakarta, dengan ditemani tour leader dari Jakarta (yang berarti peserta dibebani biaya tiket pesawat PP sang tour leader), tentu akan beda jauh harganya dengan meeting point langsung di Sorong, di mana si organizer memang domisilinya di Sorong.

-          Dari Sorong ke Raja Ampat dan sebaliknya naik kapal umum atau speedboat sewaan? Perbedaan ini juga membuat perbedaan harga yang mencolok.

-          Ke mana saja destinasinya? Yang paling krusial membedakan harga adalah, apakah termasuk ke Wayag? FYI aja, Wayag itu destinasi paling jauh. Sewa speedboat ke sana sangat mahal. Waktu tempuh dengan speedboat yang kencang saja bisa 4 jam. Dan jangan salah, banyak trip ke Raja Ampat sekarang yang nggak termasuk ke Wayag, makanya bisa murah. Ada sebagian orang yang bilang ke Raja Ampat cukuplah sampai Piaynemo ajah. Kalau Anda termasuk golongan ini, ya sok atuh, pilih trip yang lebih murah yang cuma sampai Piaynemo. Tapi kalau Anda memegang prinsip, udah jauh-jauh ke Raja Ampat masak nggak sampai Wayag, ya ambilah trip yang menyertakan Wayag dalam itinerary-nya, yang tentu harganya lebih mahal.

 

Piaynemo cantik. Banyak yang puas hanya sampai ke sini

 

Wayag 2 juga cantik. Yakin nggak mau ke sini juga?

 

-          Menginap di mana? Di homestay, resor, penginapan (sekelas hotel melati) di Waisai atau pake ada acara kemping di pulau? Homestay-nya juga pakai fan atau nggak, kamar mandi di dalam atau di luar (sharing)? Resor juga ada yang cuma pakai fan, bukan AC dan kamar mandinya sharing. Jadi jangan langsung girang kalau disebutkan menginap di resor. Tanya dulu yang detil. Ssstt... ada juga trip organizer yang memang menginapkan peserta di resor tapi satu kamar (baca: satu kasur) yang harusnya buat 2 orang, tapi ini dibuat bertiga lho. Mau tidur nyaman? Ya, siapkan bujet lebih lah ya...

 

Homestay di Sawinggrai

 

-          Apakah biaya trip sudah termasuk pin/tag (tarif jasa lingkungan) sebesar Rp 500.000 untuk turis domestik? Trip organizer juga ada yang nakal sih, nggak mewajibkan peserta membayar tarif ini, padahal wajib lho... Jadi katanya, bayar kalau pas ketauan aja. Lah, piye jal!  Mau murah bukan begini caranya ya...

-          Selama island hopping speedboat yang dipakai seperti apa? Berapa mesin dan berapa PK mesin speedboat-nya? Kapasitas berapa orang diisi berapa orang? Ada saja kemungkinan trip organizer memaksakan jumlah peserta melebihi kapasitas speedboat. Mungkin memang masih aman, tapi bagaimana dengan kenyamanan?

 

Jenis speedboat terbuka

 

Jenis speedboat tertutup

 

-          Apakah termasuk tambahan menginap 1 malam di Sorong hari terakhir plus city tour dan makan malam?

-          Apakah peserta ditarik biaya-biaya tambahan seperti tip pemandu lokal, tip kru speedboat maupun tip untuk tour leader?

-          Bagaimana kualitas dan kuantitas makanan yang disediakan selama trip?

 

 

-          Dapat air mineral selama trip dalam jumlah tak terbatas atau malah nggak dapat sama sekali (jadi harus beli masing-masing)?

 

Jadi, sudah tahu ya bedanya kenapa ada trip ke Raja Ampat yang murah, sedang dan mahal? Pilih sesuai preferensi dan bujet Anda.

Baca juga "Panduan Cerdas Eksplor Raja Ampat"

MyTrip menyediakan beragam paket trip Raja Ampat sesuai bujet Anda. Hubungi 0811821006 atau mytrip@media.femalindo.com

Teks: Mayawati NH Foto: Anih Wijaya, Buntoro Sabariman, Mario Susilo, Mayawati NH, Zakarias Wader, Zener Lie

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


210

Back to Top