ITINERARY EKSPLOR WAKATOBI (SULAWESI TENGGARA) 5 HARI

ITINERARY EKSPLOR WAKATOBI (SULAWESI TENGGARA) 5 HARI

Thursday, 13-07-2017 | 21:03

 

Terletak di jantung segitiga karang dunia, Taman Nasional Wakatobi menjadi salah satu spot menyelam terbaik, tentu saja karena kekayaan alam bawah lautnya. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari 4 pulau besar di kepulauan tersebut yaitu Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang secara administratif masuk ke dalam Provinsi Sulawesi Tenggara. Bagi para pecinta alam bawah laut, tentu saja Wakatobi wajib dikunjungi.

 

PERLU TAHU

Menjelajah Wakatobi sebenarnya cukup mudah namun diperlukan perhitungan waktu yang cermat dan penggalian informasi agar liburan lebih maksimal mengingat keterbatasan transportasi antarpulau. Ada pilihan untuk menjelajahinya antara lain dengan paket yang mencakup snorkeling atau diving di Pulau Wangi-Wangi, Tomia dan Hoga atau dengan alternatif ketengan alias go show.

 

Go show sangat dimungkinkan karena kita terbantu dengan penduduk lokal yang sangat welcome sehingga informasi baik penginapan ataupun transportasi (ojek, taksi, perahu) cukup mudah didapat. Namun kalau ingin diving dan waktunya terbatas sangat disarankan menggunakan paket karena sudah termasuk menyelam dengan dive master dan perlengkapan menyelam.

 

 

Zona waktu: WITA

 

HARI 1

JAKARTA-MAKASSAR-KENDARI-WANGI WANGI (penerbangan subuh)

- Penerbangan paling pagi Jakarta-Makassar. Lanjut penerbangnan Makassar menuju Wangi-Wangi dengan transit di Kendari. Total durasi +/-6 jam termasuk transit. Satu-satunya maskapai yang melayani rute Makassar-Wakatobi via Kendari adalah Wings Air dengan frekuensi penerbangan 1X sehari.

- Sampai di Bandara Matahora di Kota Wanci di Pulau Wangi-Wangi sekitar tengah hari.

 

EKSPLOR WANGI WANGI

- Menuju penginapan dengan mobil carteran. Salah satu penginapan yang direkomendasikan Wakatobi Bajo Resort. Kamarnya ber-AC dengan fasilitas air panas.

 

Wakatobi Bajo Resort

 

- Istirahat sambil makan siang di penginapan.

- Sore snorkeling di Sombu Jetty yang jaraknya +/-20 menit berkendara dari Wakatobi Bajo Resort.

- Sebelum kembali ke penginapan mampir dulu di pasar malam yang menyediakan makanan khas Wakatobi. Salah satu yang harus dicoba adalah kasuami (olahan ikan mentah yang cukup kenyal dan liat), nasi bambu, duri babi laut, ikan asap, maupun panada. Selain itu kita juga dapat menikmati suasana malam di Kota Wanci.

- Persiapan berangkat ke Pulau Tomia esok harinya.

Catatan: Untuk memudahkan akomodasi dan transportasi, penyewaan kapal dan penyelaman di Pulau Tomia, sebaiknya berkoordinasi dengan penduduk atau operator diving. Penduduk pada umumnya memiliki referensi sehingga lebih mengefektifkan waktu di Pulau Tomia.

 

HARI 2

WANGI WANGI-TOMIA

- Jalan kaki ke pelabuhan untuk menyeberang menuju Pulau Tomia sekalian check out dari penginapan. Kita bisa naik kapal transportasi umum yang berangkat dari Pelabuhan Mola di Wanci, Wangi-Wangi pukul 09.00. Durasi 3,5 jam. Disarankan bawa bekal makan siang.

- Sampai di Pelabuhan Tomia langsung pindah ke kapal sewa dan langsung menuju spot diving/snorkeling sampai sore. Karena sudah dikoordinasikan sebelumnya, barang-barang akan langsung dibawa oleh petugas penginapan yang telah dipesan.

 

Snorkeling di Tomia

 

- Malam check in penginapan. Karena penginapan nggak jauh dari pelabuhan jadi bisa jalan kaki.

  • Pastikan mengisi semua baterai HP, kamera maupun power bank mengingat listrik di Pulau Tomia hanya menyala selepas pukul 6 sore hingga pagi hari.

 

HARI 3

EKSPLOR TOMIA – PULAU SAWA

- Menyaksikan matahari terbit di Bukit Kahiyangan, tempat tertinggi di Pulau Tomia dengan hamparan padang sabana yang luas dan landmark bertuliskan Tomia dalam ukuran besar. Transportasi untuk keliling Pulau Tomia ini adalah ojek (untuk ke Bukit Kahiyangan dan Benteng Patua).

 

Bukit Kahiyangan

 

- Singgah di Benteng Patua. Kita bisa memandangi Laut Banda yang membentang di bawahnya.

- Sebelum tengah hari berangkat ke Pulau Sawa dengan kapal sewaan untuk menyelam. Jangan lupa bawa bekal makan siang. Di sekitar Pulau Sawa ada 2 titik penyelaman.

- Kembali ke Pulau Tomia sore, persiapan berangkat ke Pulau Hoga esok hari.

Catatan: Pulau Hoga terletak di timur Pulau Kaledupa. Pelabuhan yang menghubungkan Pulau Kaledupa dan Pulau Hoga adalah Pelabuhan Kaledupa. Sementara itu, kapal umum yang digunakan untuk menuju Pulau Kaledupa dari Tomia akan melewati Pelabuhan Ambeua di sisi barat Pulau Kaledupa. Untuk itu disarankan minta tolong warga sekitar untuk mencarikan/menghubungi ojek yang ada di Pelabuhan Ambeua untuk ke Pelabuhan Kaledupa. Kebanyakan dari mereka saling mengenal sehingga penduduk pun bisa membantu mencarikan transportasi di pulau lain. Ini akan memudahkan kita karena sesampainya di Pelabuhan Ambeua kita tidak kerepotan mencari ojek lagi.

 

HARI 4

TOMIA-HOGA

- Menuju Pulau Hoga. Di sana terdapat resor untuk bersantai. Naik kapal dengan rute Tomia-Wangi-Wangi. Kapal ini berangkat dari pelabuhan sekitar pukul 09.00. Untuk kepastian jadwal selalu konfirmasi kepada penduduk. Kapal ini akan melewati Pelabuhan Ambeua. Dan di sinilah kita turun.

- Kapal tidak akan merapat di Pelabuhan Ambeua karena terlalu dangkal. Kita akan dijemput dengan speedboat kecil di tengah lautan dan dibawa merapat ke Pelabuhan Ambeua. Dari Pelabuhan Ambeua, menggunakan ojek yang telah dipesan dari Pulau Tomia  kita menuju Pelabuhan Kaledupa di sisi lain pulau dengan jarak +/-10 km. Kita bisa minta dijemput di sini oleh pihak resor di Pulau Hoga yang telah dipesan.

- Tempat menginap yang direkomendasikan di Pulau Hoga antara lain Hoga Dive Resort. Mereka bisa menyediakan penjemputan gratis menggunakan kapal kecil dari Pelabuhan Kaledupa ke Pulau Hoga.

 

Hoga Dive Resort

 

- Check in di resor. Lalu siang harinya snorkeling di sekitar Pulau Hoga menggunakan kapal sewa. Ada satu spot yang cukup terkenal yaitu tempat serupa balai-balai dari bambu di dalam air yang katanya digunakan untuk bersitirahat/duduk para penyelam.

- Sore berjalan-jalan di pantai dan melihat karang-karang di sekitar pantai sekaligus menikmati matahari terbenam.

- Menikmati suasana malam dan menginap di Hoga Dive Resort dan bersiap untuk perjalanan kembali ke Pulau Wangi-Wangi esoknya.

Catatan: Di Pelabuhan Kaledupa ada perahu reguler yang melayani rute Pelabuhan Kaledupa- Pulau Hoga. Namun terdapat pula perahu sewa kecil dengan waktu tempuh +/-10 menit.

 

HARI 5

HOGA-WANGI WANGI

WANGI WANGI-JAKARTA (penerbangan siang)

- Kembali menuju Pulau Wangi-Wangi saat subuh menggunakan kapal dengan rute Kaledupa-Wangi-Wangi. Kapal nggak bisa merapat ke Pulau Hoga sehingga kita harus naik kapal kecil dari Hoga Dive Resort pukul 05.30 pagi untuk menunggu kapal rute Kaledupa–Wangi Wangi di tengah lautan.

- Sampai di Wanci, Wangi-Wangi,  naik mobil carter singgah di Pantai Waha yang berpasir putih. Setelah itu perjalanan diteruskan ke Resort Patuno, salah satu resor mewah yang ada di Wakatobi. Meski memang nggak selalu bisa masuk karena tentu saja hanya tamu resor yang bisa masuk. Kalau beruntung bisa masuk dan berfoto-foto di dalamnya.

- Singgah di Pantai Sousu, pantai di samping bandara sebelum akhirnya terbang kembali ke Jakarta.

Catatan: Pesawat berangkat dari Bandara Matahora Wangi-Wangi pukul 12.45 dan tiba di Jakarta setelah transit di Kendari dan Makassar pukul 17.15. Disarankan menggunakan connecting flight untuk menghindari risiko ketinggalan pesawat karena delay.

 

WAKTU TERBAIK

April-Juni dan September-awal November saat intensitas hujan nggak terlalu tinggi dan arus serta angin nggak terlalu besar.

 

 

TRANSPORTASI ANTARPULAU

Transportasi antarpulau menggunakan kapal yang biasa digunakan penduduk. Jadwal berangkat kapal pada masing-masing pulau sekitar pukul 09.00 dan umumnya hanya sekali sehari. Teruslah pantau perkembangan jadwal dengan bertanya pada penduduk.

  • Perhatikan jadwal berangkat kapal antarpulau. Bahkan untuk mengejar kapal dari Kaledupa ke Wanci di Wangi-Wangi, kita harus siap pukul 5 pagi.

 

TRANSPORTASI DI PULAU

Untuk mengelilingi pulau bisa menggunakan jasa ojek atau sewa mobil.

 

PENGINAPAN

Di Wangi-Wangi:

-          Wakatobi Bajo Resort

Jl. Poros Liya, Kel.Mandati III, Kec. Wangi-Wangi Selatan. HP: 0811401449

-          Patuno Resort

Jl. Raya Patuno, Wangi-Wangi. Telp: (0411) 442021

 

Di Tomia:

Tempat menginap banyak tersebar di penjuru pulau dan terutama di dekat pelabuhan. Harga rata-rata Rp 300.000/malam.

 

Di Hoga:

Hoga Dive Resort

HP: 081379532845/ 082293521471

 

Teks: Widiarto Pracoyo Foto: Deri Abdul Aziz, Seto Ariyadi, Widiarto Pracoyo

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


316

Back to Top