ITINERARY EKSPLOR KEPULAUAN DERAWAN 3 HARI

ITINERARY EKSPLOR KEPULAUAN DERAWAN 3 HARI

Wednesday, 14-06-2017 | 00:06

Sunset cantik di Pulau Derawan

 

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur terdiri dari 4 pulau besar yaitu Derawan, Kakaban, Sangalaki, dan Maratua. Keindahan bawah lautnya yang menawan serta kekayaan biodiversitinya menempati urutan kedua setelah Raja Ampat, membuat tempat ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 2005. Pengalaman berenang bersama ubur-ubur tak bersengat juga merupakan pengalaman unik yang bisa dilakukan di sini.

 

Pulau Derawan bisa dicapai lewat Tarakan yang kini sudah masuk Provinsi Kalimantan Utara atau lewat Tanjung Redeb di Berau. Kunjungan ke 4 pulau ini bisa dimaksimalkan 3 hari saja kalau mengikuti jadwal keberangkatan dari pelabuhan SDF Tarakan–Pulau Derawan yakni pergi hari Jumat dan pulang hari Minggu atau pergi hari Sabtu pulang hari Senin.

 

Zona waktu: WITA.

 

HARI 1

JAKARTA-TARAKAN

- Ambil penerbangan paling pagi. Transportasi dari Bandara Tarakan Juwata: ada taksi jurusan Pelabuhan SDF atau jurusan Pelabuhan Beringin bila kita sewa boat sendiri.

TARAKAN-PULAU DERAWAN-PULAU SANGALAKI-PULAU DERAWAN (by boat)

- Tiba di Pulau Derawan setelah perjalanan laut 3 jam, langsung check-in di homestay terdekat dan makan siang di resto yang banyak terdapat di dalam pulau.

- Snorkeling bareng satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

- Sore hari menuju Pulau Sangalaki yang dapat ditempuh dalam waktu 45 menit untuk melihat budidaya tukik atau anak penyu yang baru menetas disertai dengan pembelajaran dari petugas setempat.

Tukik di Pulau Sangalaki

 

- Island hopping di sekitar Pulau Sangalaki dan pada malam hari kita dapat melihat langsung proses penyu kembali ke pantai untuk bertelur.

Jernihnya air laut di Pulau Sangalaki

 

 - Kembali ke Pulau Derawan untuk bermalam.

 

HARI 2

PULAU KAKABAN-PULAU MARATUA-PULAU DERAWAN (by boat)

- Selesai sarapan langsung menuju Pulau Kakaban yang berjarak sekitar 45 menit untuk berenang bersama ubur-ubur tak bersengat.

Penampakan ubur-ubur tak bersengat di Danau Kakaban

 

- Naik speedboat selama 45 menit dari Pulau Kakaban ke Maratua.

- Jika suka diving, banyak dive spot di pulau ini namun jika tidak suka diving, snorkeling di dermaga juga merupakan alternatif yang menyenangkan.

- Lanjut di siang hari, berenang di dalam gua karst di Pulau Maratua. Ada sekitar 300 gua karst baik vertikal maupun horisontal terdapat di pulau ini.

- Menikmati sunset di bagian barat pulau.

- Kembali ke Pulau Derawan untuk bermalam.

 

HARI 3

PULAU DERAWAN–TARAKAN–JAKARTA

- Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengeksplor Pulau Derawan dengan sepeda dan bercengkerama dengan penduduk lokal sebelum kembali ke Tarakan. Info: Pulau Derawan luasnya hanya 44 hektar dan dapat dikelilingi hanya dalam waktu 30 menit menggunakan sepeda

- Kembali ke Tarakan dengan boat.

- Ke Jakarta dengan penerbangan sore.

 

 

PENGINAPAN:

Pulau Derawan: Ada banyak homestay dan hotel seperti Pelangi Cottage, Fisheries Eco Villas, dan Derawan Dive Resort yang tarifnya berkisar antara Rp 200.000-1.000.000 per malam.

Pelangi Cottage di Pulau Derawan

 

Pulau Maratua: Homestay sederhana banyak terdapat di dalam pulau dengan tarif Rp 350.000 per malam. Sedangkan kalau mau lebih mewah dan nyaman bisa pilih Maratua Paradise Resort.

 

 

Teks: Mario Susilo Foto: Mario Susilo, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


449

Back to Top