ITINERARY OVERLAND KUPANG-ATAMBUA 5 HARI

ITINERARY OVERLAND KUPANG-ATAMBUA 5 HARI

Friday, 31-03-2017 | 15:36

Sunset spektakuler di ke arah Pegunungan Biboki

 

Orang tahu kalau Kupang itu ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tapi banyak yang masih lieur tentang letaknya, mengira Kupang berada di Pulau Flores. Padahal Kupang berada di Pulau Timor. Iya Pulau Timor, yang di bagian Indonesia alias sisi baratnya. Wilayah Indonesia di Pulau Timor membentang dari Kupang hingga Atambua (ibu kota Kabupaten Belu) di ujung timur, atau tepatnya di bagian tengah Pulau Timor, berbatasan dengan Timor Leste (dulu: Timor Timur). Menarik untuk melakukan perjalanan overland dari Kupang hingga Atambua. Dan waktu 5 hari ternyata cukup. Berikut contekan itinerary-nya.

 

HARI 1

JAKARTA-KUPANG-SOE

- Dengan penerbangan langsung pukul 03.10 kita akan sampai di Bandara Eltari Kupang pukul 07.10 (durasi terbang 3 jam). Tapi mencari sarapan di Kupang sepagi itu ternyata PR juga, karena kebanyakan belum buka. Jadi kelilinglah dulu kotanya dengan mobil sewaan yang menjemput dari bandara sambil cari sarapan. Jangan lupa, di tempat sarapan sekalian bungkus untuk makan siang karena dalam perjalanan ke Pantai Kolbano yang menjadi tujuan pertama, sulit menemukan tempat makan.

- Dalam perjalanan, berhentilah dulu di Sungai Noelmina (Kalimanis) di daerah Takari, yang sudah masuk Kabupaten Kupang, bukan kota lagi, berbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dengan ibu kotanya Soe. Pemandangan di sini cantik, apalagi kalau pas cuaca cerah. Serasa di Ladakh, India. Tak jauh dari situ ada jembatan besi sepanjang 240 m yang juga Instagenik. Terus lagi kita akan melewati sawah-sawah yang sayang kalau dilewatkan buat berfoto.

 

Sungai Noelmina

 

Jembatan Instagenik di Sungai Noelmina

 

- Sekitar jam makan siang kita tiba di Pantai Kolbano. Nggak ada tiket masuk, cukup bayar parkir mobil Rp 10.000. Buka bekal makanan di keteduhan di tepi pantai, atau bisa numpang di warung sederhana sambil beli kopi atau minuman lain.

- Pertama eksplor dulu area pantai yang dihiasi formasi bebatuan yang bisa dinaiki asal hati-hati. Perhatikan juga aneka bebatuan berwarna hijau yang memenuhi pantai ini. Ya pantai ini bukan berpasir, tapi berbatu.

 

Area utama Pantai Kolbano

 

- Lalu naik lagi ke mobil untuk menuju bagian atas pantai. Dari sini Pantai Kolbano tampak makin cantik. Warna air biru kehijauan makin terlihat. Jangan lupa sebelum turun dari mobil oleskan sunblock di wajah dan lengan karena panasnya menyengat.

 

Pantai Kolbano dilihat dari atas

 

- Dari Pantai Kolbano kembali lagi ke arah jalan utama dan kemudian mampir ke Pantai Oetune. Tiket masuk satu mobil Rp 15.000. Garis pantainya panjang dan banyak barisan pepohonan untuk berteduh. Banyak anak-anak lokal menjajakan kelapa muda dan lontar.

 

Pantai Oetune

 

- Menjelang sore meninggalkan Oetune dan melanjutkan perjalanan ke Kota Soe. Jika pas waktunya berhentilah di tempat yang agak tinggi untuk memotret sunset yang cantik kemerahan di sekitar Kampung Siso.

- Mendekati Kota Soe, di pinggir jalan banyak penjual buah-buahan. Rekomen beli alpukatnya. Jeruknya juga segar, tapi agak asam. Soe ini memang paling subur dan paling sejuk di Pulau Timor.

- Check in hotel. Rekomen: Hotel Gajah Mada Permai. Tanpa AC tapi udara sejuk cenderung dingin di malam hari.

- Makan malam cari rumah makan di kota. Ada Warung Lamongan yang menjual ayam goreng, ayam bakar, sate ayam dll.

 

HARI 2

SOE-KEFAMENANU

- Sarapan di hotel berupa prasmanan dengan 4-5 menu. Makanya Hotel Gajah Mada Permai worth the money dengan tarif kamar Rp 250.000 per malam.

- Sekitar pukul 08.30 check out dari hotel, menuju Air Terjun Oehala. Tiket masuk Rp 3.000/orang, untuk mobil Rp 2.000. Kalau mau puas eksplor seluruh bagian air terjun yang bertingkat-tingkat ini butuh waktu 2 jam. Lengkapnya baca di sini.

 

Air Terjun Oehala

 

- Lanjut ke Benteng None. Ke sini harus minta izin masuk dan meminta pemandu lokal untuk memberi penjelasan tentang isi benteng. Jangan bayangkan benteng pada umumnya ya, karena benteng ini bentuknya seperti kampung adat. Di sini nggak ada tiket masuk, tapi isi buku tamu dan beri donasi seikhlasnya. Lengkapnya baca di sini.

 

Benteng None

 

- Kembali ke Kota Soe untuk mencari makan siang. Lalu melanjutkan perjalanan yang cukup panjang ke Kota Kefamenanu (ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara/TTU).

- Menjelang sore melewati Desa Loli, penghasil madu terbaik di Timor.

- Check in hotel di Kefamenanu. Pilihan terbaik di Grand Royale Hotel atau Ariesta Hotel. Di Kefa kita butuh kamar AC karena panas, nggak seperti di Soe. Dengan bujet Rp 400.000 dapat kamar yang luas dan bagus.  

- Makan malam di Kefamenanu ada beberapa pilihan rumah makan masakan Jawa.

 

HARI 3

KEFAMENANU-ATAMBUA

- Tak perlu terlalu pagi check out, sekitar pukul 09.30 pun OK, untuk menuju Gua Santa Maria Bitauni. Objek wisata religi ini berada di pinggir jalan utama Trans Timor yang menghubungkan Kupang dengan Atambua. Tidak ada tiket masuk, tapi perlu memberikan donasi. Lengkapnya baca di sini.

 

Gua Santa Maria Bitauni

 

- Sebelum menuju Atambua sebagai tujuan terakhir hari ini, masih ada waktu untuk ke Desa Adat nan eksotis, yakni Tamkesi. Perjalanan ke sana penuh perjuangan, tapi pemandangannya pun cantik polll!!

 

Perjalanan menuju Tamkesi

 

- Makan siang yang agak telat bisa cari di Jalan Timor Raya.

- Kalau beruntung pas waktu dan cuacanya kita bisa menikmati sunset super spektakuler di area pesawahan di Desa Lurasik dengan latar Pegunungan Biboki, perbatasan Kabupaten TTU dengan Kabupaten Belu.

 

Berpose dengan latar sunset cantik Desa Lurasik

 

- Check in hotel di Kota Atambua. Rekomendasi: Matahari Hotel.

- Makan malam di RM Pondok Indah yang cukup besar dan bagus dengan menu chinese food.

 

HARI 4

ATAMBUA-KUPANG

- Pagi usai sarapan dan check out, sebelum menuju perbatasan sebagai destinasi utama hari ini, mampir dulu ke Gereja Katedral Atambua.

 

Gereja Katedral Atambua

 

- Lanjut perjalanan ke Pos Motaain, perbatasan Indonesia dengan Timor Leste. Nggak susah untuk dapat izin di Imigrasi Indonesia maupun Imigrasi Timor Leste. Wajib berfoto di Jembatan Air Mata ya... Lengkapnya baca di sini.

 

Jembatan Air Mata di perbatasan Timor Leste

 

- Kembali dari perbatasan, mampir sebentar di Pelabuhan Atapupu. Melihat-lihat aja.

- Makan siang di Kota Atambua, pilihan terbaik memang di RM Pondok Indah.

- Perjalanan hari ini nonstop ke Kupang, melewati Kefamenanu. Mampir sebentar di Sungai Polen, foto-foto. Sekitar jam 6 sore masuk Kota Soe, cari makan malam dulu. Pilihan nonhalal di Depot Remaja Sei Babi. Jangan khawatir, pilihan yang halal juga ada. Masakan Jawa mah ada di mana-mana.

- Sekitar jam 9-10 malam tiba di Kota Kupang. Check in di Hotel La Hasienda yang bergaya Meksiko.

 

HARI 5

KUPANG-JAKARTA

Tergantung Anda mengambil penerbangan kembali ke Jakarta atau kota asal jam berapa. Kalau ada waktu bisa putar-putar kota melihat Gong Perdamaian, Tugu Ina Boi, atau ke Depot Se’i Aroma atau Depot Bambu Kuning untuk membeli se’i babi (nonhalal) buat dibawa pulang.

 

Baca juga “Itinerary Kupang dan Pulau Rote 5 Hari

 

Teks: Mayawati NH Foto: Anton Ustaku, Mayawati NH, Nuno

6 COMMENTS


Kiki May 03, 2018 Reply

Kak, boleh dishare kontak local guide/driver yang di sewa selama disana ? Makasih.


maya May 04, 2018

Nama driver yg kami pakai Nuno, silakan diWasap atau telp di 082237874577


Augustinus May 17, 2018 Reply

mba Maya, kalau rental kena berata per harinya? boleh info apa sda sama makan bapak Nuno?


maya May 18, 2018

Silakan langsung telp dan tanya aja sama Pak Nuno, krn beda tujuan bed harga. Kalau cuma seputar Kupang aja sih mgkn sekitar Rp500.000-600.000 sdh incl BBM dan supir, tp blm termasuk makan supir biasanya. Kalau keluar kota Kupang beda harga. Jelasnya lgs tanya aja ya


Augustinus Siagian May 18, 2018 Reply

Tujuannya sih sama dgn mba Maya, keluar kupang?


maya May 18, 2018

Iya, kalo keluar Kupang bisa 1 juta atau lebih.


956

Back to Top