MUNGKIN ANDA BELUM TAHU ADA TANJUNG SECANTIK INI DI LOMBOK TIMUR

MUNGKIN ANDA BELUM TAHU ADA TANJUNG SECANTIK INI DI LOMBOK TIMUR

Thursday, 31-03-2016 | 10:20

Tanjung Ringgit

 

Lombok bukan hanya Senggigi, Pantai Kuta, Tanjung Aan dan gili-gili eksotis. Lombok juga punya kawasan di belahan timur pulau yang menyimpan banyak pantai dan tanjung keren. Salah satunya Tanjung Ringgit yang luar biasa memukau. Sesuai namanya, Tanjung Ringgit adalah sebuah tanjung yang terletak di ujung paling selatan pesisir timur Lombok. Tepatnya di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

 

Ombak memecah di cerukan tanjung

 

Awalnya mungkin hanya para pehobi fotografi yang bela-belain datang ke sini saking jauh dan sulit aksesnya. Tapi setelah tahu betapa cetar membahananya tanjung ini, makin banyak pemburu keindahan alam yang menyambanginya. Dari atas tebing karang yang ditumbuhi rumput kita bisa melihat dua gugus tanjung karang yang menyerupai rahang buaya raksasa di kejauhan. Tanjung ini berkilau kekuningan saat ditimpa cahaya matahari pagi pertama. Sementara bagian cekungan raksasa tanjung ini selalu berdebur dihantam ombak laut selatan. Buih ombak berpadu dengan gradasi warna air laut menambah sakral suasana pagi di Tanjung Ringgit. Anda akan takjub deh! Dijamin!

 

 

Pantai Tangsi terlihat dari atas bukit sebelah kanan

 

Di sekitar area tanjung ada mercu suar, meriam peninggalan Jepang dan  gua Jepang. Dan kalau sudah jauh-jauh ke sana, sekalian aja ke Pantai Tangsi (Pink Beach-nya Lombok) yang nggak jauh letaknya. Pantainya indah, berpasir pink. Naiklah ke bukit di sebelah kanan, dan nikmati permadani alam nan menawan dari atas. Pasir pinknya lebih ngepink dilihat dari atas sini. Kita juga bisa sewa perahu nelayan untuk berkeliling, salah satunya mendekati gugusan karang bolong di sisi kiri pantai. Snorkeling juga sangat menyenangkan di sini.

 

 

Pasir pink di Pantai Tangsi yang membuatnya disebut juga Pink Beach

 

Cara Ke Sini:

Dari Bandara Lombok Praya naik kendaraan ke Lombok Timur makan waktu 2-3 jam. Atau kalau dari Senggigi 3-4 jam berkendara. Rutenya: Senggigi, Mataram, Praya, Mujur, Keruak, lalu mulai memasuki daerah tanjung.

 

Tips:

        - Jangan gunakan kendaraan jenis sedan karena ada beberapa ruas jalannya rusak.

        - Bawa bekal makan siang dan air minum karena sulit mencari warung makan di sana.

 

 

Perahu nelayan untuk keliling Pantai Tangsi

 

Penginapan

Di sekitar Tanjung Ringgit sejauh ini belum tersedia penginapan. Jadi kalau mau menginap, bisa di Pantai Tangsi.  Di pantai ini kita bisa mendirikan tenda atas seizin penjaga pantai.

Teks: Mayawati Nur Halim ; Foto: Mayawati Nur Halim, Raiyani Muharramah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


594

Back to Top