WOW! ADA HIDDEN BEACH BARU DI GUNUNGKIDUL

WOW! ADA HIDDEN BEACH BARU DI GUNUNGKIDUL

Sunday, 04-12-2016 | 17:22

 

Wisatawan mungkin sudah sering terpesona oleh keindahan berbagai pantai populer di Gunungkidul, Yogyakarta. Sebut saja keindahan Pantai Indrayanti dan Pantai Krakal. Indrayanti memikat pengunjung dengan panorama tebing tinggi yang menawan dan laut birunya yang mirip Pantai Kuta di Bali. Sedangkan Krakal tenar dengan batu-batu karang dan ombaknya yang menantang para surfer pemula.                                                                                                                                    

Belum lagi, ada Pantai Wediombo, Sadeng, Sepanjang, Ngobaran, dan Ngrenehan. Namun, dari semua pantai di wilayah Gunungkidul, Pantai Gesing adalah bidadari yang belum tersingkap. Dibandingkan pantai lainnya, Gesing sepi pengunjung. Bahkan orang Yogyakarta banyak yang belum tahu pantai ini. Padahal, pesona pantai ini tak kalah bila dibandingkan pantai-pantai populer di wilayah ini.

 

TERSEMBUNYI DI UJUNG BARAT

Memang tak heran jika jarang wisatawan yang pelesir ke pantai ini. Sebab, Gesing sedikit tersembunyi. Petunjuk arahnya pun jarang ditemui. Pantai Gesing terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini ada di ujung paling barat Gunungkidul.

 

                                                                                                                                                                        

Dari Kota Yogyakarta, tepatnya Jalan Malioboro, perjalanan bisa ditempuh sekitar satu hingga dua jam, menggunakan sepeda motor sewaan. Jalur yang dilewati bisa jalur Pathuk, Parangtritis, atau Imogiri. Di dekat lokasi kita baru menemukan petunjuk arah dan akan melewati jalan yang tidak mulus.                                                                                                                                                            

Kita tak akan menyesal setelah sampai di pantai ini. Situasi yang sepi, deburan ombak di laut dangkal dengan pasir putih yang menawan, serta batu karang yang menghiasi pantai membuat mata siapa pun takjub. Ada dua bukit yang mengapit pantai ini. Menambah kesan eksotis pantai. Dan, yang tak kalah menariknya, kita dapat melihat aktivitas nelayan yang mendarat membawa hasil melaut.

 

 

NELAYAN DAN IKAN BAKAR

Kita akan disambut perahu-perahu nelayan yang teronggok di bibir pantai. Nelayan biasa berlayar di pagi hari. Ketika siang dan sore, mereka menyeret perahu kayu untuk diparkir di bibir pantai. 

 

 

Tak jauh dari pantai ada tempat pelelangan ikan segar yang ditangkap nelayan. Di sana kita bisa membeli langsung ikan tersebut dengan harga miring. Jangan lupa mampir ke kedai-kedai sederhana di dekat pantai. Di sini pengunjung bisa menikmati ikan bakar yang harganya juga murah, mulai dari Rp 30 ribu. 

 

                                                                                     

Lantas, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Gesing? Kita bisa berenang, memancing, mencari ikan, atau memotret bagi yang hobi fotografi. Pantai Gesing, selain indah, juga dikenal sebagai surganya para pemancing. Tak heran jika menemukan penduduk sekitar yang memancing di pantai ini, selain pergi berlayar.                                                                 

Menikmati pantai ini dari atas bukit juga tak kalah mengesankan. Di sini kita bisa mengabadikan momen-momen cantik yang menghiasi Pantai Gesing, seperti matahari terbenam atau deburan ombak yang memecah di pantai.

 

 

Sayangnya, pantai ini minim fasilitas. Pemerintah daerah setempat tampaknya kurang memberi perhatian kepada pantai ini. Di sekitar pantai memang ada toilet umum dan mushola. Namun keadaannya kurang terawat.                                                                                                                          

Akses jalan menuju pantai pun rusak. Kondisi jalan yang rusak ini membuat pengunjung harus berhati-hati ketika melintas. Baiknya, gunakan sepeda motor. Dilansir dari salah satu media lokal di Yogyakarta, kabarnya pemerintah daerah setempat akan memperbaiki jalan menuju Pantai Gesing tahun ini.

Penerangan jalan yang tak memadai juga menjadi kendala pengunjung untuk pergi berlibur ke pantai ini. Padahal pantai ini merupakan salah satu objek wisata unggulan untuk para pemancing dan penggemar wisata pantai, bila dikemas dengan baik.

 

AKSES DAN BIAYA

  • Dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, naik kereta kelas ekonomi ke Stasiun Lempuyangan Yogyakarta Rp 50 ribu.
  • Menyewa sepeda motor Rp 70 ribu, belum termasuk bensin, untuk sehari dari Yogyakarta ke arah Gunungkidul. Syarat: menitipkan Kartu Tanda Penduduk.
  • Menyewa mobil Rp 300 ribu, belum termasuk bensin, untuk sehari dari Yogyakarta ke arah Gunungkidul.

 

 

TIPS

  • Cari informasi terlebih dahulu, bisa melalui internet atau bertanya ke pengunjung yang sudah pernah ke sana.
  • Siapkan stamina karena cuaca di sana panas.
  • Siapkan obat-obatan pribadi dan uang secukupnya.
  • Perhitungkan waktu menyewa kendaraan. Sebab penyewa sepeda motor dan mobil hanya memberi waktu selama 24 jam.
  • Usahakan menginap di Yogyakarta karena di dekat lokasi tak ada penginapan.
  • Perhatikan waktu keberangkatan dari Yogyakarta ke pantai. Usahakan pergi pagi atau siang, karena fasilitas penerangan belum baik.

Jangan terlalu cepat mengendarai kendaraan Anda, terutama sepeda motor, karena jalanan ke arah pantai berliku-liku dan jalanan tidak baik kondisinya.

Teks: Fandy Hutari Foto: M. Zulfikar Ridwan

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


478

Back to Top