ECO GREEN PARK: BERMAIN SAMBIL BELAJAR TENTANG EKOSISTEM 2016-11-28 00:00

 

Malang, terutama Kota Batu, menawarkan aneka macam atraksi yang cocok buat liburan keluarga. Banyak theme park keren yang tak hanya menghibur tapi juga mengedukasi. Ya, dengan adanya beberapa theme park di bawah manajemen Jatim Park Group di Batu, kota penghasil apel ini menjadi destinasi favorit wisata.

 

Adalah Eco Green Park, merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2, yang menjadi obyek wisata yang cukup baru di Kota Wisata Batu Jawa Timur, sekitar 30 km atau 45 menit dari Kota Malang. Obyek wisata ini baru dibuka sejak 1 Juli 2012. Lokasi Eco Green Park tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2 atau tepatnya di Jl.Oro-Oro Ombo No.9A, Kota Batu, Malang. Dengan luas sekitar 5 hektar, wahana ini dibangun untuk mengukuhkan Jatim Park 2 sebagai salah satu tujuan wisata nasional setelah Bali.

 

Taman wisata yang bermotto Fun and Study ini memiliki sekitar 35 wahana edukasi dan memamerkan ekosistem dan koleksi reptil dan burung yang lengkap dan bertaraf internasional. Konsepnya memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, serta mendidik. Cocok sebagai wisata edukasi untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar tentang ekosistem dan mendapatkan banyak pengetahuan lewat berbagai permainan yang sangat menyenangkan.

 

Eco Green Park buka mulai pukul 09.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 30.000 (Senin-Kamis) dan Rp 40.000 (Jumat-Minggu, tanggal merah & high season). Ada juga harga tiket terusan Jawa Timur Park 2 – Eco Green Park yaitu Rp 80.000 (Senin-Kamis) dan Rp 100.000 (Jumat-Minggu, tanggal merah & high season).

 

Berikut ini beberapa wahana di Eco Green Park:
 

ZONA MINIATUR CANDI-CANDI TERKENAL DI SELURUH JAWA

 

Zona ini merupakan rute awal penjelajahan dengan latar belakang miniatur candi-candi terkenal di Jawa. Di antara replika candi dan kolam, terdapat persawahan berundak-undak yang ditanami tumbuhan. Memasuki pintu utama, pengunjung disuguhi instalasi daur ulang barang bekas berbentuk patung gajah dari televisi monitor, scanner, printer, dan telepon. Ada juga patung sapi dari limbah mobil dan bola bekas.

 

ZONA INSECTARIUM

Di sini terdapat berbagai jenis serangga hidup atau yang sudah diawetkan. Uniknya, serangga-serangga tersebut disusun sedemikian rupa dalam sebuah pigura kaca atau akuarium. Terdapat pula lukisan kumbang raksasa yang disusun dari kumbang-kumbang kecil yang diawetkan.

 

ZONA WALKING BIRD

 

Di area ini banyak dijumpai burung-burung semacam burung unta, kasuari, bangau, merak, cangak, nandu, dll. Burung-burung tersebut didatangkan dari berbagai kawasan di belahan dunia.

 

ZONA MUSIC PLAZA

Area untuk duduk-duduk santai sambil menikmati bunyi-bunyian dan nyemil snack. Di tengah area ini terdapat kolam, ada  juga kafe dengan tampilan ala Holland.

 

ZONA JUNGLE ADVENTURE

Lokasinya di sebelah kiri Music Plaza. Di sini Anda akan dibawa keliling hutan buatan dengan menaiki kereta tanpa atap. Setiap pengunjung diberi sebuah pistol sensor dan berperan sebagai pelindung hutan yang membasmi pemburu dan penebang kayu liar. Setiap kita berhasil menembak penebang kayu akan langsung muncul score-nya di layar kecil di depan tempat duduk kita. Seru dan menarik ‘kan?

 

ZONA ANIMAL FARM

Berisi hewan-hewan peternakan seperti sapi, kambing, ayam dan kerabatnya. Terdapat juga stan yang menjelaskan cara membuat campuran pakan ternak serta budidayanya.

 

ZONA HYDROPONIC

Berisi tanaman-tanaman yang dikembangkan secara hidroponik, seperti stroberi, jamur, paprika, dan tomat. Yang menarik adalah adanya Rumah Jamur yang berisi berbagai jenis jamur dan cara pengembang-biakannya hingga pengolahan menjadi bahan pangan.

 

ZONA BURUNG KAKATUA SEDUNIA (WORLD PARROTS)

 

Di kanan kiri area ini terdapat sangkar dan kita dapat menyaksikan macam-macam burung kakatua dari seluruh penjuru dunia, dari yang putih, hitam, hijau, merah, kuning, biru, dan oranye.

 

ZONA KERAJAAN BEBEK (DUCK KINGDOM)

Bebek juga terdiri dari beragam jenis di seluruh dunia. Anda bisa menyaksikan keragamannya di sini.

 

ZONA RUMAH TERBALIK

Konsepnya sangat unik karena terdapat sebuah rumah dengan kondisi terbalik, mulai dari bangunan hingga perabot yang ada di dalamnya. Kita seolah-olah sedang berjalan di langit-langit rumah ini. Hasil foto-foto di sini dijamin instagenik deh!

 

ZONA WATER TRACK

 

Yang menyukai tantangan berjalan di atas balok-balok titian dengan posisi yang bervariasi di atas air kolam dapat mengikuti permainan water track ini. Siap-siap basah ya.

 

ZONA PASAR BURUNG

Salah satu zona di Eco Green Park yang tidak pernah buka selamanya. Kalau tidak percaya silakan berkunjung setiap hari dan pandang papan di gerbangnya yang berbunyi “Pasar Boeroeng – Esok Boeka”. Nah jika hari ini ke sini, Pasar Burung bukanya selalu “ESOK”.

 

DOME MULTIMEDIA

Merupakan sebuah bangunan berbentuk kubah (dome) yang di dalamnya kita bisa menyaksikan film tentang Hanoman melawan kekuatan jahat. Layar yang digunakan adalah atap dome disertai efek bergetar di lantai yang kita injak dan tata suara yang dahsyat. Pengunjung diajak berputar-putar ketika adegan yang disajikan berpindah-pindah dari satu bagian atap dome ke bagian lainnya. Durasi film sekitar 10 menit saja.

 

ECO JOURNEY

Di sini Anda dapat menikmati perjalanan dengan menggunakan kereta kapsul. Perjalanan ini menceritakan tentang bumi, mulai dari peradaban dinosaurus sampai peradaban manusia modern. Anak-anak juga diajarkan bagaimana menjaga bumi.

 

ECO SCIENCE CENTER

Wahana ini baru diluncurkan pada awal 2013. Disuguhkan dengan nuansa lingkungan dan ekosistem yang dikemas secara cantik dan bertaraf internasional. Wahana yang terletak di belakang miniatur candi ini berisi tentang materi pembelajaran inti mulai dari pembelajaran budaya dengan miniatur 30 candi yang berasal dari Jawa-Bali. Di sini diberikan edukasi tentang bagaimana awal mula terbentuknya bumi, proses hidrologi, proses gunung berapi, hingga eksplorasi bumi seperti pertambangan batubara dan emas. Semuanya dipresentasikan lewat tampilan multimedia. Setelah melewati lorong tambang, pengunjung akan menemui sekumpulan materi edukasi terkait bencana dan fenomena alam. Mulai dari edukasi asal-usul hujan, bahkan merasakan gempa bumi 3-8 skala richter lewat simulator berbentuk sebuah rumah yang lengkap dengan ruang tamu, dapur, hingga merasakan simulasi angin topan berkekuatan 100 km/jam. Selain itu ada pula simulasi bagaimana terjadinya gelombang tsunami dan merasakan global warming hingga minus 18 derajat celcius.

 

DEMO MEMERAS SAPI PERAH

Salah satu wahana terbaru Eco Green Park yaitu demo memeras sapi perah Friesian Holstein (FH). Ada dua sapi yang khusus didatangkan langsung dari Australia dan digunakan sebagai sarana edukasi pengolahan susu. Untuk menikmati wahana ini, dari masuk pengunjung bisa langsung menuju ke bagian timur Eco Green Park, dengan langsung belok kiri melintas di depan pusat sepeda listrik. Letaknya persis di belakang Plaza Music. Ada dua kali demo memeras susu sapi langsung dari kandang untuk pengunjung, yaitu setiap pagi dan sore.

 

TIPS KELILING ECO GREEN PARK:

Jika Anda merasa lelah berjalan berkeliling, jangan khawatir. Anda bisa menyewa E-bike dengan biaya Rp 100.000/3 jam.

 

KATA KUNCI KUIS DI FACEBOOK MYTRIP: #Fun&Study

 

 

Teks: Mayawati NH, Jatim Park Group Foto: Dok. Eco Green Park (Jatim Park Group)
Comment
Hello World! Https://3w6p7e.com?hs=bf7fe9fdca9b304046d190e4c5cc8a13&

yy5ubu

2023-03-03