IKUTIN AJA BULE-BULE DENGAN PAPAN SURFING KE SINI

IKUTIN AJA BULE-BULE DENGAN PAPAN SURFING KE SINI

Monday, 28-03-2016 | 10:33

 

Orang kebanyakan tahunya ada Pantai Mawun di Lombok Selatan, yang asyik buat goleran dan airnya biru banget. Masih jarang yang tahu Pantai Mawi. Padahal lokasinya berdekatan, walau nggak deket-deket amat. Tapi kalau nanya turis-turis bule yang wara-wiri pakai sepeda motor yang dipasangin boncengan papan surfing, mereka pasti tahu banget karena Pantai Mawi ombaknya memang ciamik buat surfing. Tapi jangan dulu mundur dan membatalkan niat ke pantai ini cuma karena Anda nggak bisa surfing. Nggak kok, nggak perlu surfing juga buat nikmatin pantai ini.

 

Jadi Ngapain di Pantai Mawi?

 

 

Pemandangan dari bukit sebelah kanan ke arah kanan

 

Begitu memasuki area pantainya yang nggak terlalu panjang, coba lirik kiri dan kanan. Yap, pantai ini dikunci oleh bukit batu di kedua sisinya. Berjalanlah dulu ke sisi kanan, dan mulailah naiki bukit batunya dengan hati-hati. Nggak susah kok, ada jalur yang bisa dipijak. Terus naik dan memutari sisi luar bukit, sampai ke bagian agak ke atas (nggak usah sampai titik paling atas karena agak sulit), dan menataplah selebar 180 derajat. Anda bakal takjub. Memutar tatapan ke arah kanan, terlihat pantai lain dengan pasir kekuningan yang termasuk bagian dari Pantai Mawi, dengan latar belakang di kejauhan Pantai Selong Belanak. Mengarahkan mata ke kiri, Anda akan melihat area pantai utama.

 

 

Pemandangan dari bukit sebelah kiri –dua ceruk pantai

 

Lalu lanjutkan eksplorasi ke bukit di sebelah kiri. Naiknya agak susah karena bebatuannya agak tajam dan nggak beraturan, tapi masih bisa dinaiki kok. Nah dari sinilah ke arah kiri kita bisa melihat Pantai Semeti yang nggak kalah indahnya. Dan melempar pandangan ke kanan, kita bisa melihat dua ceruk Pantai Mawi sekaligus. Pokoknya mata seger deh menikmati pemandangan elok ini dari atas bukit.

 

Pantainya Bisa Direnangikah?

Bisa sih, tapi ombaknya lumayan gede. Kan memang ombaknya cocok buat surfing. Jadi memang lebih enak ke sini kalau nggak leyeh-leyeh aja di beruganya, ya naik ke bukit di kiri dan kanannya aja.

 

Cara Ke Sini:

Dari Mataram atau Senggigi ambil rute ke arah pantai-pantai selatan di Lombok Tengah. Kalau bawa mobil sebaiknya jangan jenis sedan. Setelah melewati Pantai Selong Belanak, sekitar 3 km ke arah timur akan ada pertigaan ke kanan, itu ke arah Pantai Mawi. Masuk jalan itu. Nggak lama akan ketemu portal yang dijaga penduduk, dan mobil akan dikenai tarif masuk Rp 10.000, sedangkan motor Rp 5.000.

Terus aja ikutin jalanan yang di kiri kanannya banyak pohon kapuk. Lalu jalanan makin jelek dan berganti jalan tanah (kalau hujan penuh kubangan lumpur), serta makin sempit (kalau papasan 2 mobil harus salah satu melipir dulu). Sampai ketemu pertigaan lagi, ambil yang ke kanan (yang ke kiri ke Pantai Semeti). Dari situ udah nggak jauh. Total perjalanan dari Mataram atau Senggigi +/-2 jam; kalau dari Bandara Lombok Praya 1,5 jam.

Teks: Mayawati NH Foto: Ganang Arfiardi, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


362

Back to Top