BENARKAH ADA 9 CANDI DI GEDONG SONGO? 2016-03-27 00:00

 

Candi yang ditemukan Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1804 ini merupakan candi Hindu peninggalan zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (927 Masehi). Terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di dalam komplek candi terdapat 9 candi yang letaknya menyebar di lereng Gunung Ungaran. 

 

Salah satu Candi Gedong Songo

 

Candi ini sepintas memiliki persamaan dengan candi-candi di Dieng, Wonosobo.  Secara harafiah Candi Gedong Songo berarti “gedong=rumah/bangunan”, serta “songo=sembilan”,  jadi “sembilan bangunan”. Cuma bila kita cermati saat berkunjung ke komplek itu, jumlah candi nggak sampai sembilan tuh. Berapa? Biar seru datang dan hitung sendiri ya.

 

Selain bangunan candi, di komplek ini terdapat juga pemandian air hangat. Sehingga pengunjung bisa mandi untuk melepaskan lelah ataupun pegal-pegal. Karena letak bangunan candinya menyebar dan ada yang di atas bukit, lebih enak menikmati setiap lokasi candi dengan naik kuda. Tapi kalau memang sekalian olah raga atau menguji ketahanan fisik, silakan jalan kaki dan jangan lupa, bawa persediaan air minum yang cukup.

Lokasi Pemandian Air Hangat

 

Buka: Setiap hari, pkl. 06.30-17.30.

Tiket masuk: Rp 6.000 untuk weekdays dan Rp 7.500 weekend & public holiday (domestik) dan Rp 50.000 (wisman).

Harga paket wisata kuda:

  • Wisata Desa Rp 25.000 (wisman Rp 35.000)
  • Ke Air Panas Rp 60.000 (wisman Rp 70.000)
  • Ke Candi II Rp 40.000 (wisman Rp 50.000)
  • Paket keliling Candi Gedong Songo Rp 70.000 (wisman Rp 90.000)

 

Naik kuda untuk mengelilingi komplek Candi Gedong Songo

 

Cara Ke Sini:

Ada 3 cara dari Jakarta dengan menggunakan pesawat yakni  Jakarta–Semarang, Jakarta–Yogyakarta atau Jakarta–Solo.  Dari 3 cara ini, paling disarankan ambil rute Jakarta–Semarang, karena jarak antara Semarang dengan Candi Gedong Songo relatif lebih dekat, hanya 1,5-2 jam perjalanan dengan mobil. Kalau bisa hindari Jakarta–Yogyakarta, karena jarak Yogyakarta ke Candi Gedong Songo relatif jauh; diperparah dengan kondisi lalu lintas yang padat dan cenderung macet. Masih mendingan lewat Solo, jaraknya lebih dekat dibanding dari Yogyakarta dan kondisi lalu lintas relatif lebih lancar.

 

Wisata Lain:

Selain pesona Candi Gedong Songo, di lokasi yang berdekatan ada lokasi wisata Bandungan yang memberikan suasana udara yang sejuk, pemandangan bukit hijau, pasar bunga. Dan seperti daerah Puncak Jawa Barat, di Bandungan juga banyak terdapat vila dan hiburan malam.

Teks: Adi Pamungkas Foto: Hartadi
Comment