ITINERARY EKSPLOR PAGAR ALAM (SUMATERA SELATAN) 4 HARI

ITINERARY EKSPLOR PAGAR ALAM (SUMATERA SELATAN) 4 HARI

Saturday, 20-08-2016 | 11:50

Hamparan kebun teh

 

Sebenernya Indonesia itu punya banyak lho pemandangan yang spektakuler bin fotogenik yang nggak kalah dengan tempat-tempat ikonik di luar negeri. Mau melihat hamparan kebun teh laksana kebun anggur di Swiss, dan lembah raksasa seperti di Urubamba Valley di Cusco, Peru? Coba datang dan eksplor Pagar Alam deh. Baru denger namanya? Nggak apa-apa. Makanya sekarang dibaca ya... MyTrip kasih ide itinerary 4 hari eksplor Pagar Alam, yang sesuai namanya, daerah ini dipagari oleh alam, oleh Bukit Barisan dan Gunung Dempo di sekelilingnya.

 

ITINERARY

HARI 1

JAKARTA-PALEMBANG-PAGAR ALAM

-  Di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dijemput mobil travel yang sudah dipesan untuk langsung ke Pagar Alam. Selagi masih di Kota Palembang mampir cari sarapan.

-  Kita akan melewati Prabumulih, dan begitu tiba di Lembak  (Kab.Muara Enim) mampir makan siang di rumah makan Tahu Sumedang. Iya, memang banyak resto Tahu Sumedang di sini. Tapi menunya banyak kok, menu makanan Sunda.

-  Di salah satu ruas Jalan Muara Enim-Lahat, di sebelah kiri jalan tampak Gunung Jempol. Gunung ini bentuknya unik, persis seperti tanda “like” di Facebook. Berhenti sebentar untuk foto-foto. Di dekat situ juga ada jembatan gantung yang sangat panjang. Berhenti lagi untuk foto-foto.

 

Gunung Jempol

 

 

Jembatan gantung

 

-  Sekitar jam 3 sore mampir lagi untuk sekadar minum kopi.

-  Sekitar jam 6 sore tiba di penginapan di Pagar Alam, setelah menempuh perjalanan +/-9 jam (termasuk 2X istirahat).

-  Makan malam minta disediakan pihak penginapan Vila Wisata, atau mampir dulu di Restoran Lagenda sebelum sampai penginapan. Alamat restonya di Jl.Dempo Raya, Pagar Jaya, Gunung Gare, Kota Pagar Alam. Sedia menu Chinese food, termasuk iga dan beragam sop.

 

HARI 2

EKSPLOR PAGAR ALAM

-  Setelah sehari sebelumnya lelah melakukan perjalanan seharian penuh, hari ini sebaiknya menikmati suasana di penginapan aja yang berada di tengah kebun teh. Penginapannya ada teras depan maupun belakang. Kalau dapat salah satu dari dua vila yang di ujung, maka teras belakangnya menghadap Gunung Dempo.

 

Penginapan Vila Wisata

 

-  Menjelang siang jalan kaki ke Kawasan Wisata Tangga 2001 yang cuma selemparan batu dari penginapan yang berada di kawasan yang sama. Ini kawasan wisata kebun teh, di mana di area itu dibangun anak tangga yang cukup panjang (tapi nggak sampai 2001 sih). Kalau cuaca cerah, selain tentunya Gunung Dempo terlihat jelas, di arah sebaliknya kita juga bisa melihat lagi Gunung Jempol di kejauhan. Masuk kawasan wisata ini bayar per mobil.

 

Gunung Dempo

 

-  Makan siang maupun makan malam hari ini di penginapan dengan terlebih dulu pesan untuk dimasakin. Ada warga lokal yang memang biasa menawarkan jasa masak di sekitar Vila Wisata.

 

HARI 3

EKSPLOR PAGAR ALAM

-  Pkl.08.00 dijemput di penginapan oleh pemandu dan mobil yang telah dipesan. (Hubungi www.pagaralamwisata.com).

-  Tujuan pertama ke situs megalitikum Tegur Wangi di Desa Tegur Wangi Lama. Peninggalan megalit di sini berupa arca manusia, kubur batu, dolmen dan menhir yang terserak di sebuah ladang pertanian warga. Nggak ada tiket masuk maupun biaya parkir.

 

Situs megalitikum Tegur Wangi

 

-  Tujuan kedua ke Curup Maung. Ada tiket masuk dan parkir mobil yang harus dibayar. Jalur trek menuju curup/air terjunnya curam dan licin jika hujan. Untuk perginya turun 45 menit jalan santai. Baliknya menanjak +/-45 menit juga. Di curup ini selain menikmati pemandangan dari seberang sungai yang mengalir di bawah curup, kita juga bisa mendekati curupnya dengan melewati jembatan, atau mandi-mandi di sungainya, di bagian yang dangkal dan banyak bebatuan.

 

Curup Maung

 

-  Makan siang di RM Lesehan Tarja, Jl. Simpang Manak, Kota Pagar Alam. Menu pindang.

-  Lanjut ke Rimau, kaki Gunung Dempo. Naik mobil melewati jalan mendaki berlika-liku tajam selama +/-1 jam. Tiket masuk dihitung per mobil. Anda akan terkesima selama perjalanan maupun pas tiba di atas demi melihat hamparan kebun teh yang hijau menyegarkan.

 

Indahnya Rimau

 

-  Beli oleh-oleh di Dik & Dig. Dijual aneka teh, kopi, bandrek, gantungan kunci dan T-shirt.

-  Makan malam di Resto Lagenda.

 

HARI 4

PAGAR ALAM-PALEMBANG-JAKARTA

-  Dijemput mobil travel di penginapan untuk menuju Palembang dengan rute yang sama dengan perginya.

-  Begitu tiba di Palembang, mampir dulu di Mpek Mpek Candy sebelum ke bandara.

-  Kembali ke Jakarta dengan penerbangan sore.

 

TIPS TRANSPORTASI:

-  Untuk perjalanan dari Palembang ke Pagar Alam disarankan naik travel aja, tapi sekalian bayar 7 seats (1 mobil) supaya nyaman walaupun rombongan Anda cuma ber-5 atau 6. Dengan begini harganya lebih murah daripada sewa mobil yang biasanya harus sewa minimal 3 hari.

-  Untuk ke obyek-obyek wisata di Pagar Alam barulah sewa mobil di sana.

-  Kalau mau putar-putar kota aja cukup sewa angkot.

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Ozie, Yuhsie

2 COMMENTS


Muhammad Catur Nugraha Aug 30, 2016 Reply

Sayang sekali jika sudah sampai Pagaralam tapi tidak mendaki Gunung Dempo yang mana puncaknya adalah titik tertinggi dari Provinsi Sumatera Selatan


Admin Aug 31, 2016

Artikel ini memang ditujukan spy banyak orang awam bisa mengikutinya kalau mereka ke Pagar Alam. Kalau mendaki gunung, tdk semua orang bisa Pak. Tp tenang, mimin sdh berencana ke Pagar Alam Agt th depan, nanti pengalamannya akan dituliskan.


218

Back to Top