DIONTANG-ANTING DULU SEBELUM MENIKMATI KAWAH PUTIH

DIONTANG-ANTING DULU SEBELUM MENIKMATI KAWAH PUTIH

Friday, 29-07-2016 | 16:29

Kawah Putih ini terletak di daerah Ciwidey, sekitar 50 km selatan Bandung, dan sudah  menjadi tempat wisata di Bandung yang ikonik. Sesuai namanya, kawah vulkanik ini didominasi warna putih sedikit kehijauan karena ada kandungan belerang pada tanahnya.

 

 

Untuk bisa menikmati hamparan kawah berwarna putih kekuningan kadang juga kehijauan ini butuh perjuangan. Ya, jalur dari Bandung menuju Ciwidey sangat padat, apalagi saat weekend, atau libur panjang. Bila perjalanan normal hanya memakan waktu 1,5 jam tapi kalau akhir pekan bisa 3 jam! Nah, agak sedihnya lagi, bila dulu sepanjang jalan daerah Ciwidey dihiasi pohon stroberi dengan buah warna merahnya yang menggoda, kini sebagian besar telah berubah menajdi kebun daun bawang.

 

 

Perjuangan untuk menikmati kawah belum selesai. Sesampai di lokasi parkir, karena letak  kawah ada di atas perbukitan, untuk mencapai kawah kita harus rela diontang-anting selama perjalanan kurang lebih 20 menit. Melewati tanjakan, kelokan dan turunan, yang lumayan berbahaya bagi pengunjung yang membawa mobil sendiri. Karena perjalanan yang penuh liku itu, mobil yang membawa ke lokasi kawah disebuh mobil ontang-anting.

Selain kondisi jalan yang agak berbahaya bagi pengemudi yang membawa mobil sendiri, alasan lain kenapa harus memilih mobil ontang-anting karena biaya. Kalau mau bawa mobil sendiri, untuk 1 mobil dikenai biaya masuk Rp 150.000 berapa pun penumpangnya. Sedang naik mobil ontang-anting cukup per orang bayar Rp 15.000 PP plus tiket masuk Rp 18.000 .

Aktivitas utama tentu menikmati Kawah Putih yang bila kita datang di saat yang tepat,  kawah itu mirip dengan kawah atau danau kaolin di Bangka atau Belitung. Hamparan kawahnya sama-sama putih dengan nunasa air berwarna hijau. Bedanya hanya pada bau belerang yang menyengat di Kawah Putih Ciwidey. Karena itu, yang nggak tahan bau belerang wajib menggunakan masker yang banyak dijual di lokasi.

 

 

O ya, kalau sudah datang ke sini, minimal kita harus berfoto dengan latar belakang tulisan Kawah Putih Ciwidey di dekat pintu masuk ke kawah.

Lokasi wisata ini dibuka tiap hari pkl.07.00–17.00. Cuma, kata salah seorang supir ontang-anting, kawah ini lebih indah dinikmati saat pkl.17.00 hingga 18.00, karena kawah menjadi bercahaya. Tapi ya itu, sayangnya area ditutup pukul 17.00.

Teks: Maulana Alam, Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


560

Back to Top