PANDUAN MUDIK HINGGA KE JAWA TIMUR (Bagian 3)

PANDUAN MUDIK HINGGA KE JAWA TIMUR (Bagian 3)

Tuesday, 28-06-2016 | 15:42

Kebun Binatang Surabaya

 

Lebaran identik dengan mudik. Ada yang mudik karena memang hendak menemui sanak saudara di kampung halaman, ada juga yang ikutan “mudik” dengan tujuan jalan-jalan menyusuri Jawa dengan mobil pribadi mumpung libur panjang. Apa pun tujuan mudiknya, Anda pasti butuh panduan rute dan ada apa aja di sepanjang rute tersebut. MyTrip coba menawarkan lokasi wisata, kuliner dan belanja sepanjang jalur pantura dan jalur selatan Jawa, mulai Cirebon, Tegal, Semarang, Kudus, Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan kembali ke Jakarta. Semoga berguna.

(Bagian 2 bisa dibaca di sini)

 

HARI 3

LAMONGAN-SURABAYA

Wisata Fauna

Kebun Binatang Surabaya (KBS)

KBS masih menjadi tempat wisata favorit di Surabaya. Terletak di Jl. Setail  No. 1. Punya koleksi satwa sekitar 4.000-an ekor.

 

Wisata Sejarah & Budaya

House of Sampoerna

 

House of Sampoerna (HoS) terdiri dari 4 bagian yaitu museum (termasuk ruang pelintingan rokok kretek), kafe, galeri seni dan toko suvenir. Museumnya menceritakan asal-usul keluarga Liem serta berbagai barang klasik yang terkait erat dengan tradisi kretek. Dari teras atas kita juga bisa menyaksikan ratusan pekerja pelinting rokok kretek. Di toko suvenirnya kita bisa membeli batik tradisional Jawa Timur, kerajinan tangan maupun baju kasual. Dan cicipi kuliner lokal maupun internasional di The Kafe.

 

Kelenteng Hon San Tang & Four Faces Buddha di Kenjeran

 

Kelenteng ini terletak di kawasan Pantai Ria Kenjeran. Di bagian belakangnya yang menghadap laut terdapat patung Dewi Kwan Im dan naga yang bagus untuk berfoto. Jangan khawatir, kelenteng ini terbuka untuk umum kok, tapi tetap hormati umat yang sedang sembahyang ya. Di seberangnya terdapat komplek peribadatan lain yang highlight-nya dalah Patung Buddha Empat Wajah (Four Faces Buddha) seperti yang ada di Erawan Shrine, Bangkok. Tempat ini juga terbuka untuk umum.

Perjalanan lanjut menuju Malang. Pas masuk Kota Pasuruan, +/-1  jam dari Surabaya dan nggak jauh dari Malang, bisa mampir ke Taman Safari 2 di Prigen.

 

Taman Safari 2 Prigen

 

Merupakan kawasan  konservasi suaka marga satwa yang menempati areal seluas 340 ha. Obyek utamanya kehidupan satwa liar yang disesuaikan habitat aslinya. Dibagi dalam 4 kawasan yakni kawasan Amerika, Eropa, Asia dan Afrika. Salah satu keunggulannya selain koleksi hewannya banyak, juga suasana dan udaranya  yang sejuk.

 

MALANG & BATU

Setelah sejam lepas Taman Safari 2 Prigen, diperkirakan memasuki Kota Malang. Makan siang dulu baru check in hotel. Untuk mengisi waktu malam hari, bisa ke Batu Night Spetacular (BNS).

 

Wisata Permainan

Batu Night Spectacular (BNS)

 

Terletak di Desa Oro-oro Ombo, Batu. BNS menyajikan permainan laiknya Dunia Fantasi Jakarta.  Ada puluhan wahana yang disediakan seperti  sepeda udara tinggi, lampion garden, galeri hantu, hingga wahana yang menguji adrenalin seperti  drag race, mouse coaster, serta wahana untuk anak-anak. 

 

HARI 4

BATU, MALANG

Perkembangan wisata di Batu bisa dibilang sangat cepat. Nggak heran kalau musim liburan tiba, jalan masuk dari Malang ke Batu yang nggak lebar selalu macet. Selain BNS, di Batu ada beberapa lokasi wisata favorit lain seperti  Jatim Park 1, Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo, wisata alam Selecta, Museum Angkut, wisata petik apel, serta wisata yang dikembangkan komunitas motor trail yakni Jelajah Alam Raya.

 

Wisata Permainan

Jatim Park 1

Berlokasi di lereng bagian timur Gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 mdpl. Wahana yang bisa dikunjungi banyak banget, mulai wahana seputar dunia ilmu pengetahuan hingga permainan ketangkasan, dan wahana air. Buka pukul 08.30-16.00.

 

Jatim Park 2

 

Secara umum Jatim Park 2 terbagi dalam 2 bagian yakni Museum Satwa dan Batu Secret  Zoo. Museum Satwa sendiri merupakan wahana edukasi, di mana pengunjung dapat melihat 80 lebih diorama hewan dari belahan dunia. Sedangkan Batu Secret Zoo didesain laiknya kebun binatang di luar negeri. Buka pukul 10.00-18.00.

 

Taman Wisata Selecta

Merupakan ikon wisata paling lama di Batu. Karena sebelum ada BNS, Jatim Park 1 & 2, Selecta merupakan daerah wisata yang selalu ramai. Panoramanya indah, udaranya sejuk, ditambah adanya wahana air dan  kolam renang, komplit sudah sebagai daerah tujuan wisata. Terlebih saat bunga-bunga bermekaran. Indah sekali.

 

Museum Angkut

Istana Buckingham di Museum Angkut

 

Sesuai namanya, museum ini berisi koleksi alat angkut/transportasi dari mulai kereta kuda hingga mobil mutakhir abad ini. Selain bisa melihat-lihat aneka sepeda, motor, mobil, kapal, pesawat, di sini kita juga bisa mengetahui mengenai sejarah alat angkut. Lepas dari ruang pamer yang sangat besar dan terdiri dari 2 lantai, kita disambut arena outdoor yang nggak kalah menarik yang dinamai nama-nama negara atau kota, dari Italia, Inggris, Prancis, Jerman, Amerika dlsb. Bayangkan di arena London Inggris aja ada Istana Buckingham dan di arena Jerman ada Tembok Berlin. Serulah berkeliling di sini sampai malam.

 

Alun-Alun Kota Batu

Terletak di jantung kota. Nggak heran kalau mulai sore hingga malam banyak orang ke sini. Salah satu wahana yang paling menarik adalah wahana fairy wheels atau bianglala.

 

Wisata Alam

Wisata Petik Apel

Wisata petik buah apel menjadi andalan wisata di Batu. Mulai dari hotel  hingga perseorangan menawarkan wisata ini.

 

Jelajah Alam Raya

 

Digagas oleh pecinta motor trail. Wisata yang ditawarkan yakni mengendari motor trail memasuki desa, hutan, menjelajahi lokasi Gua Jepang di Batu hingga lokasi pemandian air panas Songgoriti. Tergantung tingkat kepandaian mengendari motor.  Adrenalin kian terpacu bila memasuki lokasi yang agak sulit.

 

Wisata Kuliner

Warung Makan Ibu Nasifah

 

Bebek goreng sambel ijo

 

Warung yang terletak di Jalan Raya Selecta ini bisa dibilang komplit dan enak. Berbagai menu tersedia dari menu khas Malang  yakni nasi rawon hingga menu lain seperti bebek goreng, steak. Buka pukul 08.00-20.00. Kalau mampir coba menu bebek goreng sambel ijonya yang sangat yummy.

 

Rawon Nguling

Salah satu menu yang paling diburu ketika mengunjungi Malang dan Batu adalah rawon. Salah satu warung rawon yang nggak pernah sepi pengunjung adalah Rawon Nguling di Jl. Zainul Arifin, nggak jauh dari alun-alun Malang. Buka pkl. 09.00 hingga habis.

Selesai menjelajahi Malang, mulai arah balik, menuju Solo. Perjalanan Malang-Solo lumayan panjang.  Setelah melalui perjalanan 9 jam lebih barulah memasuki Kota Karang Anyar. Bermalam dulu di sini.

 

(Bersambung ke sini)

Teks: Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Ganang Arfiardi, Mayawati NH, Dok.House of Sampoerna

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


128

Back to Top