PANDUAN MUDIK HINGGA KE JAWA TIMUR (Bagian 2)

PANDUAN MUDIK HINGGA KE JAWA TIMUR (Bagian 2)

Monday, 27-06-2016 | 15:31

 

Lebaran identik dengan mudik. Ada yang mudik karena memang hendak menemui sanak saudara di kampung halaman, ada juga yang ikutan “mudik” dengan tujuan jalan-jalan menyusuri Jawa dengan mobil pribadi mumpung libur panjang. Apa pun tujuan mudiknya, Anda pasti butuh panduan rute dan ada apa aja di sepanjang rute tersebut. MyTrip coba menawarkan lokasi wisata, kuliner dan belanja sepanjang jalur pantura dan jalur selatan Jawa, mulai Cirebon, Tegal, Semarang, Kudus, Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan kembali ke Jakarta. Semoga berguna.

(Bagian 1 bisa dibaca di sini)

 

HARI 2

SEMARANG

Memasuki Kota Semarang tengah malam. Langsung cari hotel untuk menginap. 

 

Wisata Budaya

Gedung Lawang Sewu

Gedung peninggalan zaman Belanda ini jadi ikon Semarang bersama Gereja Blenduk dan Monumen Tugu Muda. Letak gedung yang kabarnya memiliki seribu pintu ini dekat Monumen Tugu Muda. Gedung ini dirancang oleh arsitek Belanda C.Citroen dari Firma J.F. Klinkhamer dan B.J. Quendag tahun 1903 dan selesai 1 Juli 1907. Masuk ke sini wajib dengan pemandu.

 

Kelenteng Sam Poo Kong

 

Terletak di wilayah Semarang Barat, dekat Bandara Ahmad Yani. Tepatnya di Jl. Simongan. Kelenteng ini selain dijadikan tempat ibadah, juga menjadi obyek wisata. Makanya, untuk masuk ke pelataran kelenteng aja dikenakan tiket.

 

Gereja Blenduk dan Kota Lama

 

Salah satu ikon yang sering menjadi obyek foto di kawasan kota lama Semarang adalah Gereja Blenduk.  Didirikan tahun 1753. Awalnya merupakan bangunan panggung Jawa yang tidak diketahui arsiteknya. Oleh arsitek W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde pada 1894-1895 diubah dengan menambahkan menara pada bagian depan bangunan. Jadilah bangunan gereja seperti sekarang ini. Dinamai Gereja Blenduk karena kubahnya bulat, dalam bahasa Jawa disebut mblenduk.

 

Wisata Belanja dan Kuliner

Sate Buntel 29

 

Terletak di depan Gereja Blenduk dan merupakan menu wajib bagi pemburu kuliner di Semarang. Sate khas Semarang ini terbuat dari daging kambing yang dicacah halus dan dibungkus lemak kambing, baru dibakar. Rasanya gurih dan lezat.  

 

Soto Semarang

 

Semarang tempatnya soto enak. Ada banyak merek dagang soto yang semuanya mantap untuk disantap. Seperti Soto Dargo, Soto Pak Darno, Soto Ijo hingga Soto Bangkong. Soto dengan kuah bening ini akan lezat bila disantap dengan tempe goreng panas ataupun aneka sate.

 

Pusat Oleh-Oleh Pandanaran

Untuk keperluan oleh-oleh khas Semarang seperti bandeng presto, lumpia, hingga wingko babat, semua tersedia di Jl. Pandanaran. Banyak toko berjejer di sepanjang jalan itu.

 

Hotel

Banyak hotel mulai kelas melati hingga bintang 5 di Semarang. Tinggal pilih sesuai bujet. Yang unik dan layak dicoba Tjiang Residence di Jl. Gang Pinggir No.24. Harga mulai Rp 250 ribuan.

 

DEMAK

Dari Semarang lanjut ke kota Wali Demak. Semarang-Demak bisa ditempuh +/-1 jam.

 

Wisata Budaya & Religi

Masjid Agung Demak

 

Didirikan oleh Wali Songo. Babad Demak menyebutkan tahun pembangunannya 1399 Saka atau 1477 M. Tetapi ada juga yang menyebutkan tahun 1401 Saka atau 1479 M, dilihat dari gambar bulus (kura-kura) di mihrab masjid. Masjid ini memiliki 4 tiang kayu raksasa sebagai soko guru. Soko sebelah tenggara buatan Sunan Ampel, sebelah barat daya buatan Sunan Gunung Jati, sebelah barat laut buatan Sunan Bonang, sebelah timur laut yang tidak terbuat dari satu buah kayu utuh melainkan disusun dari beberapa potong balok yang diikat menjadi satu (soko tatal), buatan  Sunan Kalijaga. Masjid ini ramai dikunjungi para peziarah terutama di bulan Muharam.

 

Makam Sunan Kalijaga

 

Terletak di Kadilangu, Demak. Makam ini tiap hari ramai dikunjungi para peziarah. Puncaknya saat acara Grebeg Besar bulan Besar (kalender Jawa) bertepatan dengan  ritual penjamas 2 pusaka Sunan Kalijogo yakni keris Kyai Carubuk dan Kutang Onto Kusumo.

 

KUDUS

Perjalanan dilanjutkan ke Kudus. Jarak  Demak-Kudus tidaklah jauh, tapi karena jalanan tidak terlalu lebar dan arus lalu lintas biasanya padat, potensi macet jalur ini sangat tinggi. Sejenak setelah memasuki kota kretek ini, waktunya makan siang dengan menu garang asem yang mantaaapp. Bahkan ada gurauan, belum ke Kudus kalau belum menyantap garang asem.

 

Wisata Religi

Masjid Menara Kudus

 

Terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Dibangun oleh Sunan Kudus sekitar tahun 1549 M. Batu pertama pembangunan masjid ini merupakan batu yang berasal kota Baitul Maqdis (Alquds) Palestina. Salah satu keunikan masjid ini terletak pada menara masjid yang bergaya arsitektur Hindu.

 

Makam Sunan Muria Kudus

Letaknya persis di belakang  Masjid Menara Kudus. Tiap hari makam Sunan Kudus yang dikenal juga dengan Raden Jafar Sidiq selalu ramai dikunjungi para peziarah.

 

Wisata Kuliner

Garang Asem RM Sari Rasa

 

Rumah makan ini terletak di Jl. Agil Kusumadya, Kudus. Tepatnya berseberangan dengan Yayasan Jemaah Haji Kudus. Menu utamanya garang asem daging ayam serta ati ampela. Sajian potongan ayam dengan tomat hijau serta cabai hijau langsung menyeruakkan aroma segar begitu bungkusan dibuka.  Begitu dikecap rasa masam dan pedasnya langsung nendang. Rumah makan ini buka pukul 07.00-21.00.

 

Sate Kerbau 57 Maju

Warung sate ini terletak di Jl. Wergu Kudus dan selalu ramai dikunjungi penggemar sate kerbau. Ciri khas terletak pada bumbunya, berupa campuran kacang tanah, kelapa sangrai serta gula merah yang dihaluskan.

 

Soto Kudus Pak Denuh

Merupakan salah satu warung  soto terkenal di Kudus. Terletak di Jl. Agil Kusumadya dengan cabang di Taman Bojana Kios No. 55, 56, 57 dan Terminal Bus Kudus Kios No. 6. Warung makannya buka pukul 07.00-22.00.

 

REMBANG-LASEM

Perjalanan Kudus ke Rembang, bisa langsung menuju Pantai Dampo Awang (Pantai Kartini).

 

Wisata Alam

Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang

Pantai yang sekarang populer dengan sebutan Pantai Dampo Awang ini terletak di pinggir jalan Pantura dan nggak jauh dari pusat kota. Pantai ini menjadi pusat wisata masyarakat Rembang dan sekitarnya. Makin rame saat Pesta Rakyat Swayalan atau lebih dikenal dengan kupatan. Selain pantai, di lokasi itu ada berbagai macam permainan seperti flying fox, outbond dan beberapa koleksi satwa seperti penyu, buaya dan burung.

 

Wisata Belanja

Batik Lasem

 

Kota Lasem terletak 12 km sebelah timur Rembang, merupakan sentra industri batik yang terkenal.  Motif-motif batik Lasem lebih dipengaruhi budaya Cina yang terlihat jelas pada motif burung hong, banji, bunga seruni, dan naga. Sentra utama batik Lasem dengan warna-warna cerahnya ada di Kecamatan Lasem dan  Pancur. Tapi kalau nggak sempat ke sentranya, cukup singgahi show room batik Lasem di jalan raya Kecamatan Lasem yang menempati bangunan bekas kantor Kecamatan Lasem.

 

Hotel

Baik di Demak,Kudus maupun Rembang terdapat banyak hotel yang bagus. Harga per malam rata-rata Rp 300.000, kecuali di Kudus yang sedikit lebih mahal mulai Rp 350.000.

 

LAMONGAN

Memasuki Lamongan kira-kira sudah malam. Kalau sempat, besok paginya bisa ke Wisata Bahari Lamongan. 

 

Wisata Alam

Wisata Bahari Lamongan

 

Terletak di Jalan Raya Daendeles  (Pantura), Wisata Bahari Lamongan selalu ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki fasilitas lengkap. Seperti arena ketangkasan, kolam renang air tawar, kolam renang laut dengan pantai pasir putih buatan, bumper car, kano, long boat, arena pacuan kuda, dan sirkuit gokart. Jam buka pkl.08.30-16.30.

Selain Lamongan, daerah Tuban dan Gresik juga punya tempat wisata menarik. Tuban terkenal dengan  kota Seribu Gua karena memiliki gua-gua indah, selain wisata ziarah ke makam Sunan Bonang. Sedangkan Gresik potensi wisata religinya luar biasa. Karena di kota ini ada beberapa makam tokoh Islam besar seperti Sunan Giri, Maulana Malik Ibrahim, Siti Fatimah binti Maimun Gresik.

 

(Bersambung ke sini)

Teks: Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Ganang Arfiardi

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


642

Back to Top