PANDUAN MUDIK HINGGA KE JAWA TIMUR (Bagian 1)

PANDUAN MUDIK HINGGA KE JAWA TIMUR (Bagian 1)

Sunday, 26-06-2016 | 15:13

 

Lebaran identik dengan mudik. Ada yang mudik karena memang hendak menemui sanak saudara di kampung halaman, ada juga yang ikutan “mudik” dengan tujuan jalan-jalan menyusuri Jawa dengan mobil pribadi mumpung libur panjang. Apa pun tujuan mudiknya, Anda pasti butuh panduan rute dan ada apa aja di sepanjang rute tersebut. MyTrip coba menawarkan lokasi wisata, kuliner dan belanja sepanjang jalur pantura dan jalur selatan Jawa, mulai Cirebon, Tegal, Semarang, Kudus, Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan kembali ke Jakarta. Semoga berguna.

 

HARI 1

Pukul 08.00 berangkat dari Jakarta. Memasuki Kota Cirebon sekitar pukul 12.00 (kalau jalanan lancar). Langsung makan siang nasi jamblang. Pilihan kuliner dan wisata yang bisa dimampiri:

 

CIREBON

Wisata Budaya

Keraton Kasepuhan

 

Dibangun tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit Sunan Gunung Jati). Gapuranya unik. Bangunannya indah dengan hiasan piring porselen dari Eropa. Juga terdapat Kereta Singa Barong. Kereta yang dibuat tahun 1549 ini jadi bukti bahwa Bangsa Indonesia mengenal sistem suspense dalam kendaraan lebih dulu dibanding Bangsa Eropa.

 

Keraton  Kanoman

Didirikan tahun 1588 oleh Sultan Kanoman I (Sultan Badridin), turunan ke-7 Sunan Gunung Jati.  Lokasinya di belakang pasar tradisional. Dengan gapura yang bercat merah, kita jadi gampang  menemukannya.

 

Wisata Kuliner dan Belanja

Nasi Jamblang Mang Dul

 

Cirebon dikenal sebagai kota yang mempunyai makanan lokal yang enak dan murah. Sebut aja nasi jamblang, nasi lengko, empal gentong hingga tahu gejrot. Nasi jamblang itu nasi putih yang dibungkus daun jati, dengan lauk yang dipilih sendiri. Paling top warungnya Mang Dul di Jl. Dr. Cipto No. 3, samping Mal Grage Cirebon.

 

Empal Gentong Mang Darma

Empal gentong ini yang paling terkenal. Berupa daging empal dengan kuah santan yang dimasak di dalam gentong tanah liat selama 10 jam lebih. Dalam perkembangannya, isinya tak hanya daging, tetapi juga jeroan. Warung Empal Gentong Mang Darma terletak di Jl. Slamet Riyadi samping BTN Cirebon. Ada juga cabangnya di dekat Warung Nasi Jamblang Mang Dul.

 

Kampung Batik Trusmi

Cirebon dikenal sebagai penghasil kain batik yang menawan. Untuk belanja batik datang saja ke kawasan  Desa Trusmi, Kecamatan  Plered. Bila dari Jakarta masuk ke Kota Cirebon (jangan lewat tol), sampai di perempatan Pasar Plered belok kiri.

 

Wisata Lainnya

Ade Irma Suryani Waterpark

Waterpark yang tergolong baru di Cirebon ini (diresmikan 1 Juli 2015) disebut juga Cirebon Water Land. Berada di Jl. Diponegoro Cirebon dengan luas 3 hektar. Kolam yang tersedia antara lain waterboom untuk anak-anak, kolam arus dan kolam berukuran Olimpik untuk dewasa. Selain kolam renang, juga ada taman bermainnya dan cottage untuk menginap.

 

Hotel

Ada di Jl. Siliwangi dan beberapa daerah lain, rates per malamnya mulai Rp 250.000. Resort-resort bagus juga bisa jadi pilihan.

 

TEGAL DAN PEKALONGAN

Selepas Cirebon, masuk ke Tegal dan Pekalongan. Sebelumnya bisa mampir dulu di Brebes sambil belanja telur asin. Ada beberapa jenis telur asin mulai yang direbus, panggang hingga telur asin organik. Bisa juga beli yang masih mentah untuk oleh-oleh.

 

Wisata Alam dan Budaya

Pemandian Air Hangat Guci

 

Letaknya di Kabupaten Tegal atau Slawi. Ditempuh +/-1 jam dari Kota Tegal. Hati-hati bila berkunjung saat hujan karena jalanan agak sempit, licin dan berliku. Selain pemandian air hangat, aktivitas yang bisa dilakukan naik kuda dan makan jagung bakar atau rebus. Untuk yang pengen lebih privat, bisa menginap di hotel-hotel yang menyediakan fasilitas pemandian air hangat. Rates hotel per malam mulai Rp 200.000.

 

Pantai Alam Indah (PAI)

Merupakan obyek wisata dengan fasilitas taman bermain, waterboom, dan Monumen Bahari. PAI dilengkapi anjungan yang panjangnya mencapai 250 m dan kapal restorasi (restoran apung)  bernama Lor ing Margi.

 

Museum Batik Pekalongan

Sebagai Kota Batik, tidaklah keliru bila Pekalongan memiliki museum batik. Museum yang buka pukul 09.00-15.00 ini terletak di Jl. Jatayu. Memiliki 3 ruang pamer. Nggak melulu batik motif  Pekalongan yang dipamerkan, melainkan juga motif batik daerah lain.

 

Wisata Belanja dan Kuliner

Belanja Batik

Bila Anda suka dengan suasana pasar dan pandai menawar, tempat favorit memburu batik ada di Sentra Batik Setono dan Kampung Pesindon, Pekalongan.

 

Sate Kambing Lebaksiu

 

Salah satu kuliner favorit di Tegal adalah sate kambing. Dari kota inilah lantas terkenal istilah sate kambing batibul (bawah tiga bulan) atau balibul (bawah lima bulan) yang intinya daging kambingnya kambing muda. Salah satu daerah yang terkenal dengan satenya adalah Lebaksiu. Dari Tegal kira-kira 30-45 menit ke arah Guci. Patokannya ada patung tentara Lebaksiu. Di sepanjang jalan itu terdapat banyak penjual sate kambing muda dan semuanya maknyuss.

 

Martabak Manis dan Telor

 

Boleh percaya boleh tidak, hampir semua penjual martabak manis dan telor di Jakarta dan sekitarnya berasal dari Lebaksiu, Tegal. Kabarnya, dari daerah inilah asal muasal martabak manis dan martabak telor. Dan bener aja, pas sampai Lebaksiu, berjajar penjual martabak di sepanjang jalan.

 

Kepiting Istimewa Prima

 

Dari Tegal sebelum masuk Pekalongan, ada daerah bernama Comal, yang di sepanjang jalannya ada promosi tentang masakan kepiting. Banyak pilihan restorannya, salah satunya Rumah Makan Prima, dengan menu andalan Kepiting Prima. Saat disajikan aroma bumbu berwarna cokelat kehitaman sangat menggiurkan. Begitu dicoba rasanya ueenaaak.

 

Hotel

Hotel di Tegal dan Pekalongan cukup banyak. Harga mulai Rp 200.000.

 

(Bersambung ke sini)

Teks: Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Ganang Arfiardi

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


565

Back to Top