“SUPERMARKET WISATA” ADA DI TAMAN NASIONAL KOMODO

“SUPERMARKET WISATA” ADA DI TAMAN NASIONAL KOMODO

Tuesday, 22-03-2016 | 10:58

Keindahan Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di perairan antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores ini memang santer ke seantero dunia. Bukan cuma karena di sanalah hidup kadal terbesar dan satu-satunya di dunia bernama komodo (varanus komodoensis), tapi juga karena dunia bawah lautnya amat menawan dengan variasi ikan dan terumbu karang yang sangat kaya, serta lansekap pulau-pulaunya yang melenakan mata yang bisa dilihat dari puncak bukit.

Taman nasional ini terdiri dari 3 pulau utama yaitu Rinca, Padar, Komodo. Pulau lainnya: Sebayur, Mawan, Gili Lawa, Kelor, Kanawa, Nusa Kode dll.

Aneka aktivitas yang bisa dilakukan antara lain: diving,snorkeling, island hopping, trekking untuk bertemu komodo, naik ke bukit. Ibarat supermarket wisata. Mau lihat apa aja ada, mau melakukan aneka kegiatan juga bisa.

 

Cara Ke Sini:

Kota gerbang masuknya adalah Labuan Bajo yang terletak di ujung barat Pulau Flores. Untuk ke Labuan Bajo bisa dengan pesawat dari Jakarta, Denpasar maupun Kupang. Beberapa maskapai melayani rute ini yakni dari Jakarta Lion Air dan Garuda Indonesia; dari Denpasar Wings Air dan Trans Nusa. Harga tiket PP dari Jakarta mulai Rp 2,7 juta dengan durasi tercepat +/-4 jam (termasuk transit). Harga tiket PP dari Denpasar mulai Rp 1,4 juta dengan durasi 1,5 jam.

Dari Labuan Bajo bisa sewa kapal untuk berkeliling. Harganya variatif tergantung kapasitas kapal, durasi pelayaran dan fasilitas yang disediakan. Kalau untuk day trip, dengan kapal kayu berkapasitas maksimal 6 orang biayanya Rp 600.000-1.000.000. Kapal yang lebih besar Rp 1-1,5 juta.

Tentunya lebih puas kalau menginap minimal satu malam. Untuk jadi pertimbangan, untuk mencapai Pulau Komodo dari Labuan Bajo butuh 3-4 jam. Sedangkan ke Pulau Rinca +/-2 jam.

Cara lain adalah dengan naik kapal pesiar dari Bali maupun Lombok. Cukup banyak operator yang menyediakan jasa ini.

 

 

Golo Hilltop Hotel

 

Penginapan di Labuan Bajo:

Aneka jenis penginapan tersebar di Labuan Bajo, dari Rp 100.000/malam sampai >Rp 1 juta/malam. Beberapa penginapan murah lokasinya di sekitar pelabuhan dan ke arah utara pelabuhan (di Jl. Yos Sudarso dan Jl.Soekarno Hatta). Sedangkan hotel bintang 5 seperti The Jayakarta Suites Komodo-Flores, Bintang Flores, Laprima Hotel kebanyakan berada di Jl.Pantai Pede, ke arah selatan pelabuhan. Yang ingin nyaman tapi tetap concern pada bujet, siapkan minimal Rp 400.000/malam untuk mendapatkan kamar ber-AC. Salah satu yang direkomendasi Golo Hilltop Hotel & Restaurant. Beberapa pulau seperti Kanawa dan Seraya menyediakan bungalow-bungalow yang disewakan.

 

Kuliner di Labuan Bajo:

Tak usah takut tak menemukan restoran yang cocok untuk mengisi perut. Labuan Bajo menyediakan banyak pilihan restoran dari yang menyajikan masakan Indonesia sampai masakan Eropa. Sebut nama-nama seperti: Treetop, Gardena, Paradise, The Lounge, The Corner.

 

 

 

 

DIVING

Bagi penggemar olah raga selam, menyelam di Komodo is a must. Aneka ikan besar, ditambah lansekap bawah lautnya dan terumbu karang yang memukau tak pernah mengecewakan. Tapi ingat, berhubung arusnya mayoritas kencang maka dianjurkan hanya penyelam yang cukup berpengalaman (minimal 25 dive logs) yang menyelam di sini, terutama jika ingin turun di sites favorit.

Highlight penyelaman: manta ray di Taka Makassar dan Manta Alley; schooling devil ray di Secret Garden; aneka ikan besar seperti hiu, napoleon wrasse, giant trevally, surgeon fish, jackfish di Castle Rock dan Crystal Rock; obyek makro seperti crab dan shrimp yang langka di banyak dive spot lainnya; juga pengalaman drift dive yang tiada duanya di Shoot Gun.

Waktu yang tepat: Sepanjang tahun. Tapi favoritnya Mei-Agustus.

Bujet untuk paket diving (di luar tiket pesawat):

  • Live-aboard 4-5 hari: Rp 4-6 juta/orang.
  • Live-aboard 7 hari: Rp 8-15 juta/orang.
  • Land base 5 hari: Rp 3,5-7 juta/orang.

 

 

Dari atas Gili Lawa

 

 

Pulau Kalong

 

SNORKELING & ISLAND HOPPING

Anda tidak bisa menyelam atau belum punya sertifikat selam? Jangan khawatir! Cukup snorkeling, Anda pun dapat merasakan kekayaan underwaternya. Lagipula, Pink Beach di Pulau Komodo maupun di Pulau Padar dan pantai lain di pulau-pulau kecil yang begitu cantik menanti untuk dijelajahi. Kita juga bisa melihat pemandangan lekuk-liku pulau-pulau dari ketinggian di Pulau Mawan, Padar maupun Gili Lawa. Juga ada Pulau Kelor, Bidadari dan Seraya. Menonton sunset yang dibarengi keluarnya ribuan kalong dari Pulau Kalong juga jangan sampai dilewatkan.

Lokasi snorkeling: Beberapa lokasi penyelaman bisa juga dinikmati hanya dengan snorkeling. Untuk melihat manta ray kita bisa snorkeling di Taka Makassar. Pink Beach dan pantai-pantai di Gili Lawa Laut dan Gili Lawa Darat juga bisa jadi pilihan. Alat snorkeling sebaiknya disewa dari Labuan Bajo.

Waktu yang tepat untuk snorkeling: Sepanjang tahun. Tapi sama dengan diving, favoritnya Mei-Agustus.

Waktu yang tepat untuk island hopping: Sepanjang tahun. Di musim kemarau kita akan disuguhi gugusan pulau berselimutkan tumbuhan kering kecoklatan, seperti sabana. Sebaliknya di musim hujan, seluruh permukaan pulau tampak hijau berseri.

 

 

Komodo

 

TREKKING

Umumnya nggak ada paket trekking khusus yang ditawarkan, karena paket snorkeling ataupun diving trip biasanya memasukkan juga agenda soft trekking ke Pulau Rinca atau Pulau Komodo untuk melihat komodo. Lamanya trekking hanya 1-1,5 jam.

Mana yang lebih banyak komodonya, Pulau Rinca atau Komodo? Kurang lebih sama aja sih. Kalau di Rinca, komodonya banyak berkeliaran di area pondokan penjaga pulau, di mana trekking dimulai. Kalau di Komodo, kawanan reptil itu banyak berkeliaran di pantai dekat dermaga, dan di area pondokan. Kadang kalau beruntung bisa ketemu komodo di tengah jalur trekking. Dan kedua pulau ini sama-sama punya view point untuk melihat gugusan pulau di sekitarnya.

View point yang biasa dilewati dalam jalur trekking yang pendek ini bukanlah titik tertinggi di TN Komodo. Titik tertingginya Puncak Gunung Ara di Pulau Komodo yang tingginya 538 mdpl. Trekking ke sini butuh 3-4 jam.

 

 

Info Paket Tur:

Paket trip bisa dipesan sebelum datang (via online atau telepon), bisa juga go show cari kapal sewa di pelabuhan/dermaga di Labuan Bajo, atau datangi kantor travel yang banyak bertebaran di jalan sepanjang dermaga. Kadang ada tawaran sharing kapal dari turis-turis asing.

Ancer-ancer biayanya (non diving): Sewa kapal 2 hari 1 malam untuk kapal kayu kecil berkabin non-AC Rp 2,5 juta (termasuk makan). Sebelum deal harga sewa pastikan apa saja yang termasuk. Karena ada tiket masuk TN Komodo dan biaya jasa ranger untuk trekking. Juga apakah alat snorkeling sudah disediakan atau belum.

 

 

 

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Indra Swari W.

2 COMMENTS


giepatty Mar 23, 2016 Reply


giepatty Mar 23, 2016 Reply

Ini foto-fotonya keren banget. Sebaiknya foto di-watermark MyTrip supaya gak sembarangan di'comot' pihak lain, hehehe. Sukses ya MyTrip!


692

Back to Top