MAU DAPAT FOTO SEMPURNA PANTAI NGRENEHAN? HARUS NAIK BUKIT!

MAU DAPAT FOTO SEMPURNA PANTAI NGRENEHAN? HARUS NAIK BUKIT!

Friday, 06-09-2019 | 23:44

 

Pantai Ngrenehan memang kurang menggema bila disejajarkan dengan Pantai Baron atau Pantai Kukup yang sama-sama berada di Laut Selatan, tepatnya di Gunungkidul, DIY. Wajar, Pantai Ngrenehan hanya pantai tempat persinggahan nelayan-nelayan seusai melaut. Namun ada yang istimewa dari pantai yang berjuluk Pantai Nelayan ini. Ada titik tersembunyi di mana kalau kalian memberanikan diri menuju lokasi itu, kalian akan mendapatkan pemandangan sempurna sebuah pantai yang berada di teluk.

 

Belum banyak yang tahu lokasi ini, karena memang medannya cukup sulit. Naiklah menuju perbukitan yang tak jauh dari lokasi parkir kendaraan maupun pintu masuk Pantai Ngrenehan. Kalian harus menyusuri jalanan sempit melewati warung-warung makan. Ikutilah jalan kecil menanjak hingga akhirnya tiba di bangunan semen permanen yang mirip tempat duduk berbentuk meliuk-liuk. Di sinilah kalian bisa melihat wujud sebuah teluk yang teramat cantik. Ombak seolah terjinakkan oleh perbukitan yang mengapit pantai sehingga menghasilkan perairan yang tenang berwarna biru. Belum lagi ditambah hiasan puluhan kapal nelayan yang tengah bersandar dengan rapi. Tentu membuahkan pemandangan yang turut mewarnai eksotisme salah satu pantai yang ada di Gunungkidul ini.

 

Baca juga: "Serunya Menyusuri Jembatan Kayu di Tepi Lautan Selatan"

 

Hal yang perlu diperhatikan adalah, kewaspadaan saat naik ke perbukitan. Di jalur ini sama sekali belum terdapat pengaman. Jalan setapak dihimpit antara perbukitan pada bagian kanan dan turunan yang sangat dalam pada bagian kiri.

 

Pantai Ngrenehan sebenarnya sangat layak bila disejajarkan dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Panoramanya terbilang langka, malah mungkin bisa dibilang satu-satunya pantai berupa teluk yang ada di Yogyakarta. Hanya saja fasilitas pendukung seperti gardu pandang di atas bukit belum ada dan akses jalan menuju perbukitan pun masih ala kadarnya. Seharusnya hal ini mulai diperhatikan supaya mempermudah pengunjung untuk menuju ke sana.

 

Di luar urusan foto, Pantai Ngrenehan dikenal sebagai surganya kuliner laut. Di sini banyak terdapat warung seafood yang menyuguhkan menu cumi, udang, kerang, lobster dan beragam jenis ikan laut –semuanya segar. Lebih menggembirakannya lagi, harganya sangat ramah di kantong. Seru ‘kan...

 

Baca juga: "Serunya Berburu Seafood di Pantai Depok"

 

Pantai Ngrenehan sendiri berada tidak jauh dari Pantai Ngobaran, jaraknya hanya sekitar 1,5 km saja. Secara administratif Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Kalian bisa mengaksesnya dari Bandara Adisucipto Yogyakarta dengan jarak 55 km atau sekitar 90 menit berkendara. Sudah tersedia kamar mandi umum dan mushola.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


692

Back to Top