KE BENGKULU, EKSPLOR JUGA KABUPATEN-KABUPATENNYA YA...

KE BENGKULU, EKSPLOR JUGA KABUPATEN-KABUPATENNYA YA...

Saturday, 10-08-2019 | 16:42

Pantai Sungai Suci

 

Di Provinsi Bengkulu terdapat 10 kabupaten/ kota yaitu Kab. Mukomuko, Kab. Bengkulu Utara, Kab. Bengkulu Tengah, Kab. Bengkulu Selatan, Kab. Kaur, Kab. Seluma, Kab. Kepahiang, Kab. Rejang Lebong, Kab. Lebong, dan Kota Bengkulu. Objek-objek wisata di Kota Bengkulu sudah diulas di sini. Yang berikut ditampilkan objek-objek wisata di kabupaten-kabuptennya.

 

KABUPATEN KEPAHIANG

Kabupaten Kepahiang berjarak 85 km dari Kota Bengkulu. Ibu kotanya Kepahiang. Bisa dicapai berkendara sekitar 2 jam.

 

Di Desa Pagar Gunung Kecamatan Ujan Mas dan Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang di Kabupaten Kepahiang terdapat hutan lindung yang menjadi habitat Rafflesia arnoldii dan bunga kibut (bunga bangkai) yang tingginya bisa sampai 3 m. Tapi Kepahiang tak cuma menawarkan puspa langka. Di sini juga ada wisata alam lain.

 

Air Terjun Sengkuang

Dari pusat kota Kepahiang air terjun ini bisa dijangkau selama 25 menit berkendara, ke Desa Sukasari. Dari parkiran mobil jalan kaki ke lokasi air terjun melewati trek yang sudah rapi disemen, hanya 7-10 menit.

 

Tinggi air terjun sekitar 15 m, membentuk kolam alami dan aliran air di bawahnya. Pengunjung bisa berendam di kolam ini tapi tak boleh terlalu dekat ke air terjun, apalagi kalau nggak bisa berenang karena ada bagian yang dalam.

 

Air Terjun Sengkuang

 

Dalam perjalanan pergi atau pulang dari air terjun, kita bisa mampir ke view point di Perkebunan Teh Kabawetan untuk melihat Kota Kepahiang dari ketinggian. Kebun teh ini dibuka Belanda tahun 1923. Tadinya kebun kopi. Ya, daerah ini memang penghasil kopi unggulan dari Bengkulu. Salah satunya Kopi Sintaro (Sindang Daratan Robusta).

 

Objek wisata lain di Kepahiang: Air Terjun Curug Embun, Bukit Hitam (Black Hill).

               

KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Merupakan kabupaten pemekaran yang termuda di Provinsi Bengkulu. Ibu kotanya Karang Tinggi. Salah satu objek wisata andalannya Pantai Sungai Suci.

 

Pantai Sungai Suci

Berada di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Dari pusat kota Bengkulu hanya 25 menit berkendara. Namanya Sungai Suci, tetapi tempat ini bukan sungai, melainkan pantai. Sungai Suci memang nama sungai yang bermuara ke laut di lokasi tersebut. Pengertian sucinya bukan keramat, melainkan sungai untuk menyucikan diri alias membersihkan diri.

 

Pantai Sungai Suci

 

Ciri khas pantai ini adalah adanya pulau kecil seperti Tanah Lot tak jauh dari bibir pantai. Untuk ke pulau itu kita harus melewati jembatan gantung. Di pulau mungil itu disediakan kursi-kursi, juga beberapa spot foto. Pagar juga dibangun untuk menjaga keselamatan pengunjung.

 

Tanjung Bidadari

Tanjung kecil ini sebenarnya masih satu area dengan Pantai Sungai Suci. Ada di sebelah kiri pulau. Dinamai Tanjung Bidadari karena konon pada zaman dulu tempat ini pernah disinggahi bidadari-bidadari yang turun dari langit dan mandi di sini.

 

Tanjung Bidadari

 

Objek wisata lain di Bengkulu Tengah: Hutan lindung Taba Penanjung yang merupakan  habitat puspa langka, Taman Hutan Raya Rajo Lelo.  

 

KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Ibu kotanya Manna. Posisinya di pantai barat Sumatera. Objek wisatanya antara lain Pantai Duayu Sekundang, Sungai Air Manna, Gua Muara Kedurang

 

KABUPATEN SELUMA

Merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Ibu kotanya Tais. Objek wisatanya antara lain Pantai Seluma, Lubuk Resam, Bendungan Seluma.

 

KABUPATEN KAUR

Kabupaten terselatan di Provinsi Bengkulu ini berjarak 250 km dari Kota Bengkulu. Sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Ibu kotanya Bintuhan.

 

Objek wisatanya antara lain Pantai Way Hawang dengan pasir putih dan “Batu Jung”-nya, Pantai Linau, Pantai Laguna, arung jeram di Air Padang Guci, habitat Rafflesia arnoldii di Kec. Kaur Selatan, Kec. Kelam Tengah, dan Kec. Maje.

 

Rafflesia arnoldii

 

KABUPATEN LEBONG

Wilayahnya berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di sebelah utara, Jambi dan Sumatera Selatan di sebelah timur. Objek wisatanya antara lain Arung Jeram Sungai Ketahun, Danau Tes, Telaga Tujuh Warna, TN Kerinci Seblat (yang menjadi bagian Jambi juga).

 

Baca juga: "Pantai Tureloto di Nias Layak Dikunjungi Tanpa Perlu Digadang-gadang Sebagai Laut Matinya Indonesia"

 

KABUPATEN REJANG LEBONG

Berada di bagian timur Provinsi Bengkulu, dengan latar belakang Bukit Barisan. Ibu kotanya Curup. Objek wisatanya antara lain Bukit Kaba, Air Terjun Kepala Curup, Danau Mas Harun Bastari, Suban Air Panas.

 

Bukit Kaba

Berjarak 18 km dari Kota Curup, merupakan bagian dari Bukit Barisan. Tingginya mencapai 1.964 mdpl. Gunung/bukit ini dikelilingi hutan lindung yang memiliki satwa dan tumbuhan langka. Di sini ada 3 kawah besar dan 12 kawah kecil dan sumber air panas alami.

 

KABUPATEN BENGKULU UTARA

Berada di pesisir pantai barat Sumatera. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran rendah. Ibu kotanya Arga Makmur. Objek wisatanya antara lain Air Terjun Kemumu, Pusat Latihan Gajah Seblat, Pulau Enggano, Pantai Lais.

 

Pulau Enggano

Berada di Samudera Hindia, dan merupakan salah satu pulau terluar wilayah Indonesia di pesisir barat. Pulau karang seluas 443 km ini cocok untuk wisata bahari dan berburu.

 

KABUPATEN MUKOMUKO

Terletak di pantai barat Sumatera, membujur sejajar dengan Bukit Barisan. Secara adat, budaya dan bahasa dekat dengan serumpunnya di pesisir selatan Provinsi Sumatera Barat (rumpun Minangkabau). Ibu kotanya Mukomuko. Objek wisatanya antara lain Pantai Indah, Danau Nibung, Benteng Anna.

 

Teks: Mayawati NH Foto: Herry Tjiang, Dok. Dispar Bengkulu

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


800

Back to Top