PANDUAN KULINER DAN OLEH-OLEH KHAS BENGKULU

PANDUAN KULINER DAN OLEH-OLEH KHAS BENGKULU

Friday, 09-08-2019 | 14:50

Batik Besurek khas Bengkulu dalam Festival Bumi Rafflesia

 

Jalan-jalan tanpa cobain makanan khas dan pulang tanpa membawa buah tangan khas kurang afdol kan ya... Nah kalau kebetulan Trippers ke Bengkulu dan bingung mau makan apa dan beli oleh-oleh apa, baca dulu panduan ringkas berikut ini. Dijamin nggak bingung lagi.

 

Untuk cara ke Bengkulu dan apa saja objek wisata menarik di Kota Bengkulu silakan baca di sini.

 

KULINER KHAS BENGKULU

Kuliner khas Bengkulu sebenarnya ragamnya cukup banyak. Sayangnya, agak sulit menemukannya di rumah makan maupun warung di Kota Bengkulu. Sebut saja menu rendang lokan, tempoyak udang, sambal kabau, sayur kates + pakis, pendam (ikan + daun talas), yang kesemuanya biasa disajikan sehari-hari disajikan di rumah. Jadi kalau punya kenalan di Bengkulu, coba mampir ke rumahnya, siapa tahu disajikan salah satu menu harian ini.

 

Khusus sambal kabau, ini menu khas Sumatera, bukan hanya Bengkulu. Kabau itu sejenis jengkol, baunya lebih ‘semerbak’. Jadi yang nggak doyan jengkol nggak disarankan mencicipinya, kecuali kalau memang berniat menantang lidah Anda, hoho.

 

Kalau di atas itu makanan berat. Nah yang berikut ini camilan alias penganan Bengkulu yang juga punya citarasa khas dengan nama yang sangat unik seperti janda berhias, mitai, dan luepedeh. Semuanya tipe penganan manis. Dan tentunya enaaaak....

 

Ini namanya mitai

 

Sayang waktu ke Bengkulu MyTrip nggak banyak eksplor ke berbagai rumah makannya. Tapi ada satu restoran yang sempat ditandangi, yang oke juga buat direkomendasikan. Namanya RM Padang Guci (Warisan Kuliner Bengkulu) yang berada di Jl. Danau No.37C Singaran Pati, Kota Bengkulu. Rumah makan ini memang tidak menyediakan menu khas Bengkulu secara lengkap (hanya ada tempoyak udang), tapi bolehlah dicoba.

 

Sajian di RM Padang Guci

 

Kopi Bengkulu juga terkenal harum dan enak. Cobalah beli Kopi Sintaro (Sindang Dataran Robusta). Dijamin klepek-klepek.

 

Kopi Sintaro, Bengkulu

 

O ya bagi penggemar durian, jangan lewatkan icip-icip durian Bengkulu yang enak dan sangat murah. Hanya Rp20.000-25.000 per buah ukuran sedang.

 

Baca juga: "Ke Lombok Beli Oleh-Oleh Apa? Ini Daftarnya!"

 

OLEH-OLEH KHAS BENGKULU

Tak jauh dari Rumah Fatmawati, tepatnya di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta kita akan menemukan sederet toko yang menjual kerajinan khas Bengkulu. Ada kain batik Besurek, kaos I love Bengkulu, kulit kayu lantung, dan juga ada makanan kecil seperti lempok durian, perut punai, bay tat rasa durian, aneka kopi, sirup kalamansi.

 

Bay tat rasa durian

 

Khusus tentang Batik Besurek, ini adalah kain batik khas Bengkulu. Motif kain batiknya didominasi huruf Arab gundul dan diakui oleh pemerintah sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Saat digelar Festival Bumi Rafflesia kita akan melihat pagelaran busana kreatif yang mayoritas memanfaatkan kain Batik Besurek.

 

Batik Besurek

 

PENGINAPANNYA

Di sepanjang seberang pantai, terutama di dekat Pantai Malabro, banyak tersedia bungalow dari yang cukup mewah sampai yang biasa saja. Di pusat kota Bengkulu juga cukup banyak hotel, paling tinggi bintang tiga. Kawasan yang strategis di Jalan Letjen Suprapto atau dekat Simpang Ratu Samban. Di tiap ibu kota kabupaten juga ada hotel tapi bukan hotel bintang. Pendek kata, nggak sulit cari penginapan di Bengkulu yang ramah di kantong.

Teks: Mayawati NH Foto: Herry Tjiang, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


944

Back to Top