HIDDEN GEM DI NGLANGGERAN YANG SAYANG DILEWATKAN

HIDDEN GEM DI NGLANGGERAN YANG SAYANG DILEWATKAN

Monday, 03-06-2019 | 08:11

 

Dari 3 destinasi utama di Desa Wisata Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul Provinsi DIY, mungkin Air Terjun Talang Purba termasuk yang jarang diekspos. Pesonanya seolah tertutupi keberadaan Air Terjun Kedung Kandang yang lokasinya hampir berdekatan. Memang benar, Air Terjun Talang Purba adalah tetangga Air Terjun Kedung Kandang yang memiliki karakteristik hampir sama. Keduanya sama-sama air terjun musiman dan memiliki beberapa tingkatan batuan vulkanik tempat mengalirnya air dengan diapit oleh hijaunya persawahan milik warga.

 

Baca juga: "Mari Mengenal Kampung Mistis di Gunungkidul: Kampung Pitu"

 

Letak Air Talang Purba tidaklah jauh dari pos pembelian tiket. Pengunjung bisa menitipkan kendaraan di dekat pos tersebut dan mulai menyusuri perkebunan sejauh 100 m sebelum mencapai lokasi. Meski masih kalah pamor dari Air Terjun Kedung Kandang, terasa belum lengkap kalau belum sempat mampir ke Air Terjun Talang Purba. Selain panoramanya yang cukup indah, lokasinya juga mudah dicapai tanpa harus trekking panjang.

 

Air Terjun Talang Purba memang tak bisa dinikmati setiap waktu. Hanya pada musim hujan saja keelokan air terjun ini bisa dinikmati. Namun yang perlu diperhatikan adalah, saat cuaca sudah mulai mendung atau gerimis, segeralah bergegas dari lokasi. Hal ini untuk menghindari bahaya banjir besar dari aliran air terjun tersebut.

 

Baca juga: "Embung Nglanggeran, Satu-satunya yang Cocok untuk Wisata Keluarga di Nglanggeran"

 

Air Terjun Talang Purba terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Provinsi DIY. Lokasinya sangat mudah diakses dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dengan jarak 20 km atau kurang lebih 45 menit berkendara. Tiket domestik per orang sebesar Rp7.000, sementara untuk tiket wisman sebesar Rp30.000. Tiket tersebut sebenarnya untuk 2 lokasi, yakni Air Terjun Talang Purba dan juga Air Terjun Kedung Kandang. Fasilitas umum yang tersedia hanya warung makan.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


294

Back to Top