KALAU KE BELITUNG, MAMPIR DEH KE BATU BAGINDE

KALAU KE BELITUNG, MAMPIR DEH KE BATU BAGINDE

Wednesday, 29-05-2019 | 23:39

Berpose di atas batu yang tampak seperti melayang

 

Belitung tentunya bukan hanya Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang saja. Ada banyak objek wisata lain yang tak kalah menarik. Salah satunya yang ada di Kecamatan Membalong yang berada di selatan Kabupaten Belitung, berjarak 70 km atau kira-kira 1,5 jam berkendara dari Kota Tanjung Pandan. Namanya Batu Baginde, tepatnya berlokasi di Desa Padang Kandis.

 

Batu Baginde ini berupa batu granit raksasa yang seolah-olah mencuat dari muka bumi dan dikelilingi oleh rimbunnya hutan. Ya, memang Belitung nggak jauh-jauh dari keberadaan batu-batu granit raksasa.

 

Baca juga: "6 Kuliner Andalan Belitung, No.4 Pasti Bikin Kekenyangan"

 

Sebenarnya ada dua Batu Baginde dalam satu kawasan, namun yang saat ini bisa didaki adalah Batu Baginde yang kecil. Yang besar tingginya sekitar 150 m, sedangkan yang kecil 50 m (tetap tinggi juga ya...). Belum ada jalurnya untuk naik ke batu yang besar, kecuali jika Tripper bisa rock climbing.

 

Area ini memang belum banyak dieksplor, terbukti dari jalan masuk ke sana yang masih berupa jalan tanah dan sempit. Dari area parkir mobil di sebuah lahan kosong, kita harus lanjut mendaki masuk ke dalam rimba. Trekking selama 20 menit akan mengantarkan Trippers pada sebuah batu granit berwarna hitam.

 

Untuk mendakinya, tersedia tangga besi dan kayu seadanya serta tali tambang yang sangat menolong pengunjung untuk naik ke atas. Tapi pastinya mendaki dengan tingkat kecuraman batu ini akan membuat stamina terkuras (terutama jika Anda jarang berolah raga). Namun begitu sampai di atas yang lega dan berupa batuan landai, lanskapnya yang menghadap ke Batu Baginde yang besar dijamin akan membuat energi Anda kembali pulih. Memang sangat sepadan dengan keringat yang telah dicucurkan. Jadi karena belum ada jalur trekking menuju Batu Baginde besar, para pengunjung sementara ini harus berpuas diri memandanginya dari seberang sambil duduk menikmati angin sepoi-sepoi.

 

Batu Baginde besar terlihat dari Batu Baginde kecil

 

Bagi yang berminat untuk mengetes kemampuan fisik, destinasi yang satu ini memang sangat cocok dan menantang buat orang dewasa yang fisiknya sehat. Anak kecil dan orang tua lanjut usia tidak disarankan. Jangan lupa berpose di atas bagian batu yang seolah tampak melayang ya!

 

Untuk menuju ke sini dari Jakarta tentu naik pesawat dulu ke Tanjung Pandan (ibu kota Belitung) dengan waktu tempuh 50 menit saja. Lalu naik mobil atau motor sewaan ke arah Membalong, satu arah dengan ke Pantai Penyabong yang lebih dulu dikenal wisatawan. Sebelum tiba di Pantai Penyabong pasti keberadaan batu ini sudah terlihat karena cukup tinggi dan besar. Tapi papan petunjuknya di tepi jalan besar memang kecil saja. Yang jadi PR selanjutnya adalah menemukan jalur trekkingnya. Oleh karena itu, disarankan menghubungi agen travel lokal atau pemandu lokal untuk ditemani menuju destinasi ini.

 

Tips:

  • Pakailah lotion anti nyamuk.
  • Bawa air minum.
  • Kenakan alas kaki yang baik, kuat dan nyaman karena medan yang sangat terjal tanpa pembatas ini berisiko tinggi.
  • Sebelum mendaki pastikan telah ke kamar kecil karena sama sekali tidak ada fasilitas itu di sekitar kawasan.

 

Info: Tahun 2018 sih masuk ke sini tidak ada tiket masuk, tapi sekarang katanya sudah diberlakukan tiket masuk Rp5.000.

Teks: Lenny Lim Foto: Lenny Lim, Sofhian

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


205

Back to Top