AIR TERJUN UNIK INI MUNGKIN HANYA ADA DI GUNUNGKIDUL

AIR TERJUN UNIK INI MUNGKIN HANYA ADA DI GUNUNGKIDUL

Saturday, 25-05-2019 | 22:22

 

Kalau Trippers punya rencana liburan ke Gunungkidul, sempatkan mampir ke tempat keren satu ini. Namanya Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun ini merupakan salah satu dari wisata unggulan di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun musiman yang cantik dan unik. Pada air terjun terdapat 6 tingkatan batuan vulkanik sebagai tempat aliran air terjun. Selain itu lokasinya berada di tengah-tengah area persawahan, menambah kesan asri, hijau dan begitu menyejukkan mata.

 

Air terjunnya bertingkat-tingkat

 

Akses menuju lokasi air terjun cukup mudah. Sesampainya di lokasi pembelian tiket teruslah memacu kendaraan hingga tiba di lokasi parkir kendaraan dengan jarak sekitar 100 m. Selanjutnya siapkan diri untuk menyusuri jalan di antara persawahan sejauh sekitar 500 m. Jalanan yang dilewati nantinya ada yang berupa jalan landai berbatu, jalan tanah setapak, anak tangga dari tanah dan dua buah jembatan dari bambu.

 

View dari atas

 

Di lokasi air terjun telah tersedia pula gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mengingat Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun musiman, tempat ini sangat tepat jika dikunjungi saat musim hujan. Tetapi jangan lupa, begitu cuaca mulai mendung atau gerimis, segeralah meninggalkan lokasi. Hal ini sangat membahayakan keselamatan di mana akan terjadi banjir besar saat hujan turun.

 

Baca juga: "Panduan Trekking di Gunung Api Purba Nglanggeran"

 

Air Terjun Kedung Kandang bisa diakses dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dengan jarak 20 km atau kurang lebih 45 menit berkendara. Tiket domestik per orang sebesar Rp7.000, sementara untuk tiket wisman sebesar Rp30.000. Fasilitas umum yang tersedia adalah warung makan dan kamar mandi.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


474

Back to Top