AIR TERJUN KROYA DI BALI, LOKASI FAVORIT UNTUK MENGUJI ADRENALIN 2019-05-20 00:00

 

Kalau Air Terjun Aling Aling disebut sebagai lokasi favorit nomor 2 di Sambangan Secret Garden di Bali, lalu air terjun paling favorit ada di mana ya? Jawabnya ada di Air Terjun Kroya. Ada beberapa hal yang menjadikan Air Terjun Kroya sangat diminati terutama oleh wisatawan asing. Selain bisa sekadar menikmati panorama alam, wisatawan berjiwa petualang juga berkesempatan mencoba sensasi menegangkan di kawasan ini.

 

Baca juga: "Pesona Air Terjun Grenjeng di Blitar Selatan"

 

Air Terjun Kroya merupakan air terjun yang memiliki tinggi 35 m dengan sebuah kolam alami yang luas berkedalaman 4 m tepat di bawahnya. Di sini pengunjung bisa menguji adrenalin dengan cara meluncur bebas melalui air terjun atau melompat layaknya di Mahana Point Cliff Jump di Nusa Ceningan.

 

 

Bila diamati, mayoritas memang para bule yang melakukan aktivitas ini. Mereka akan dibekali perlengkapan seperti life jacket, kacamata renang dan ditemani seorang pemandu. Tak hanya itu, bagi yang ingin mencoba aksi mendebarkan ini pastinya harus rela merogoh uang lebih banyak. Pasalnya pengunjung diwajibkan membayar biaya paket yang disediakan mulai dari paket Soft Trekking hingga Long Trekking.

 

Air Terjun Kroya sebenarnya masih berada satu aliran dengan Air Terjun Aling Aling yang terletak di atasnya. Debit airnya tidak begitu deras, dengan kesejukan air alami pegunungan yang samar-samar berwarna biru kehijauan. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau, telah disediakan papan petunjuk sehingga memberi jaminan pengunjung tidak akan tersesat.

 

Baca juga: "Pura di Dalam Gua Ini Bisa Ditemukan di Nusa Penida"

 

Air Terjun Kroya berjarak sekitar 200 m dari lokasi parkir kendaraan atau sekitar 100 m di bawah Air Terjun Aling Aling. Kondisi jalan sudah cukup bagus dan berupa perpaduan jalan landai dan anak tangga permanen. Air terjun yang beralamat di Desa Sambangan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Provinsi Bali ini bisa diakses dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan jarak 90 km atau sekitar 3 jam berkendara. Fasilitas yang tersedia adalah toilet dan warung makan.

 

Berikut adalah harga paket yang bisa dipilih:

Paket View Only

- Menjelajah 4 air terjun: Air Terjun Kroya, Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kembar dan Air Terjun Aling Aling

- Harga Rp20.000 per orang

 

Paket Short Trekking

- Menjelajah 4 air terjun: Air Terjun Kroya, Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kembar dan Air Terjun Aling Aling

- Berenang, melompat dan berseluncur di Air Terjun Kroya

- Harga Rp125.000 per orang

 

Medium Trekking

- Menjelajah 4 air terjun: Air Terjun Kroya, Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kembar dan Air Terjun Aling Aling

- Berenang, melompat dan berseluncur

- Blue Lagoon Puncak Sari Pool

- Harga Rp250.000 per orang

 

Long Trekking

- Menjelajah 7 air terjun: Air Terjun Kroya, Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kembar, Air Terjun Aling Aling, Air Terjun Cemara, Air Terjun Canging dan Air Terjun Dedari

- Berenang, melompat dan berseluncur

- Blue Lagoon Puncak Sari Pool

- Harga Rp500.000 per orang

 

Biaya tambahan 60% bagi peserta tunggal atau tanpa kelompok.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya
Comment