PERNAH DENGAR SAMBANGAN SECRET GARDEN DI BALI? INI SALAH SATU WISATANYA

PERNAH DENGAR SAMBANGAN SECRET GARDEN DI BALI? INI SALAH SATU WISATANYA

Sunday, 19-05-2019 | 22:34

 

Desa Sambangan yang masuk Kecamatan Sukasada di Kabupaten Buleleng Bali memiliki salah satu wisata andalan yakni Sambangan Secret Garden. Kawasan tersembunyi tersebut memang terasa asing di telinga bagi kebanyakan wisatawan. Padahal Sambangan Secret Garden memiliki keunggulan tersendiri dibanding wisata lain di kawasan Buleleng.

 

Bagaimana tidak, di kawasan ini terdapat 8 tempat wisata alam yang wajib dieksplor. Tempat-tempat tersebut 7 di antaranya merupakan air terjun yaitu Air Terjun Aling Aling, Air Terjun Kroya, Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kembar, Air Terjun Cemara, Air Terjun Canging dan Air Terjun Dedari serta ditambah 1 lagi berupa Blue Lagoon yang tenar dengan sebutan Puncak Sari Pool.

 

Baca juga: "Tempat yang Happening Ini Pas Buat Olahraga Pagi di Ubud"

 

Salah satu air terjun yang terkenal adalah Air Terjun Aling Aling. Air terjun ini bisa dibilang menjadi lokasi favorit kedua di Sambangan Secret Garden. Debit airnya cukup deras yang mengalir dari ketinggian sekitar 50 m. Meski kolam alami yang dimiliki tidak begitu luas, tak lantas mengurungkan niat pengunjung untuk tetap berendam merasakan kesejukan air alami pegunungan atau sekadar menikmati panorama dari kejauhan.

 

Biasanya Air Terjun Aling Aling menjadi tujuan kedua setelah pengunjung selesai menghabiskan waktu bersenang-senang di Air Terjun Kroya. Lokasi Air Terjun Aling Aling ini cukup tersembunyi, berada di kawasan hutan yang lebat dan masih alami. Untuk mencapai lokasi, pengunjung tidak perlu bersusah payah karena akses jalan setapak hanya sejauh 300 m dan itu pun sebagian besar merupakan jalan landai, selebihnya berupa anak tangga permanen.

 

Baca juga: "Ssstt... Jangan Bilang-Bilang Ada Air Terjun Cakep Nih di Magelang"

 

Bagi pengunjung yang penasaran, Air Terjun Aling Aling bisa diakses melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan jarak sekitar 90 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam berkendara. Fasilitas yang telah disediakan adalah toilet dan warung makan. Sementara tiket masuk ke kawasan air terjun adalah Rp20.000 per orang. Tarif ini berlaku untuk 4 air terjun sekaligus, yaitu Air Terjun Aling Aling, Air Terjun Kroya, Air Terjun Pucuk dan Air Terjun Kembar.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


568

Back to Top