EMBUNG NGLANGGERAN, SATU-SATUNYA YANG COCOK UNTUK WISATA KELUARGA DI NGLANGGERAN

EMBUNG NGLANGGERAN, SATU-SATUNYA YANG COCOK UNTUK WISATA KELUARGA DI NGLANGGERAN

Thursday, 16-05-2019 | 23:16

 

Dari beberapa tempat wisata di Desa Nglanggeran, mungkin hanya Embung Nglanggeran yang bisa dijadikan tujuan wisata keluarga. Tempat wisata satu ini merupakan danau buatan yang sangat romantis, lebih aman dan cocok sebagai tempat menghabiskan waktu bersantai bersama teman maupun keluarga. 

 

Lokasinya hanya sekitar 4 km dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Sesampainya di lokasi parkir kendaraan pengunjung diharuskan menaiki beberapa anak tangga permanen. Meski bersifat buatan, Embung Nglanggeran tetap memiliki pesona tersendiri.  Air danaunya  kehijauan, ditambah keasrian dan kealamiannya, di mana masih banyak pepohonan yang berdiri berlatar belakang Gunung Api Purba.

 

Baca juga: "Nggak Perlu ke Kaminoko Pond di Hokkaido, ke Blitar Aja untuk Lihat yang Begini!"

 

Tempat wisata yang diresmikan Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 19 Februari 2013 ini selalu dipadati pengunjung terutama pada hari Minggu atau masa liburan. Tepat di lokasi embung, pada beberapa sudut telah disediakan beberapa kursi tempat istirahat. Selain itu, tepat di ujung danau terdapat pula gardu pandang kayu sehingga pengunjung bisa menangkap panorama Embung Nglanggeran secara utuh.

 

 

Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Provinsi DIY. Tempat ini bisa dijangkau dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dengan jarak sekitar 20 km atau butuh waktu 45 menit berkendara. Tiket untuk wisatawan domestik Rp10.000 (siang) dan Rp15.000 (malam) serta tiket wisman Rp30.000.  Fasilitas umum berupa kamar mandi, mushola dan warung makan. 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


276

Back to Top