NGALUN DI KAMPUNG WARNA-WARNI KATULAMPA BOGOR

NGALUN DI KAMPUNG WARNA-WARNI KATULAMPA BOGOR

Saturday, 16-03-2019 | 21:47

 

Katulampa di Kota Bogor dikenal karena merupakan salah satu daerah yang dekat dengan aliran Sungai Kali Baru. Nah, oleh karena itu warga sekitar memanfaatkan sumber daya alam yang ada, salah satunya Sungai Kali Baru yang tadinya kumuh disulap menjadi tempat wisata yang unik dan cantik yakni Kampung Warna-Warni dan Wahana Ngalun.

 

Wahana Ngalun merupakan salah satu cara menikmati Kampung Warna-Warni. Yaitu dengan menyusuri sungai sepanjang 500 m menggunakan media ban karet yang biasa disebut dengan river tubing. Permainan ini dapat dilakukan semua kalangan karena sungainya tidak terlalu dalam.

 

Tempat yang cocok untuk berfoto

 

RUTE KE KATULAMPA

Dari Terminal Baranangsiang yang terdapat di pusat Kota Bogor, melalui Jalan Raya Pajajaran sekitar 10 menit ada belokan ke kiri tepatnya di Bale Binarum menuju Jalan Durian Raya-Bantarkemang. Lalu sekitar 5 menit ketemu pertigaan, belok ke kanan. Iikuti saja tanda panah menuju Katulampa.

 

Ikuti anak panah ke Katulampa

 

Setelah itu, dari Jalan Parung Banteng ikuti saja jalan sampai sekitar 5 menit lagi, ada pertigaan, ambil ke kanan ke arah Katulampa. Patokannya adalah pangkalan ojek. Dari situ Anda sudah memasuki kawasan Katulampa. Dan bisa dilihat di sebelah kiri sepanjang jalan ada aliran sungai. Tapi untuk menuju Kampung Warna-Warni Anda harus mengikuti jalan lagi sekitar 5 menit sampai lokasi.

 

Jalan terus sampai menemukan jembatan warna-warni

 

Begitu menemukan jembatan warna-warni, di situlah tempat orang-orang biasanya melakukan kegiatan river tubing atau Ngalun.

 

Ini dia jembatan warna-warninya

 

Pada umumnya traveler berkunjung ke Kampung Warna-Warni untuk berfoto dan berselfie ria. Nah yang suka bermain air menggunakan ban karet (ngalun) biasanya anak-anak. Jangan khawatir yaa… di sini airnya bersih dan sungainya juga tidak dalam.

 

Baca juga: "Rappeling Seru di Curug Lembah Pelangi"

 

Karena ini sejatinya permukiman penduduk, maka tidak ada retribusi atau tiket masuk. Jadi tempat wisata ini termasuk kategori murah tapi menyenangkan. Tapi, untuk kegiatan menyusuri sungai atau ngalun dikenakan biaya sebesar Rp10.000 untuk menyewa ban karet. Tapi, karena rumah saya tidak terlalu jauh dari sini saya selalu membawa ban karet sendiri dari rumah. Lumayan juga kan mengirit uang hehe…

 

Bagi kalian yang sudah bermain air dan ingin membilas, nggak perlu khawatir di sini juga tersedia tempat bilas atau kamar ganti. Tempat bilasnya pun bernuansa warna-warni lho

 

Ini tempat bilasnya

 

Selain itu di pinggiran sungai juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan. Jadi, jika selesai bermain air tiba-tiba perut terasa lapar nggak perlu jauh-jauh untuk mencari tempat makan. Karena warung di sini menyediakan makanan yang pas untuk mengganjal perut. Dan tempatnya sangat strategis, jadi para orangtua tak perlu khawatir karena dari sini Anda masih bisa mengawasi putra-putri Anda yang sedang bermain air.

 

Ini warung-warungnya

 

Nah, saya juga akan memberitahu Anda yang hobi foto-foto atau selfie, tempat mana yang kira-kira Instagenik banget nih.

 

Ini salah satu tempat yang kece buat berfoto

 

 

Atau bisa berfoto di bebatuan yang sudah disusun sedemikian rupa oleh pengelola setempat

 

Saya menyarankan untuk Anda yang ingin mengujungi Kampung Warna-Warni dan mencoba Wahana Ngalun ini ada baiknya datang menjelang sore karena cuacanya tidak terlalu terik. Dan juga memang tempat ini ramai dikunjungi pada sore hari.

 

Harapan saya semoga tempat ini tetap terjaga kebersihan serta keasriannya agar warga dan pengunjung tetap nyaman dan bisa menikmati kecantikan kampung ini.

 

Teks & Foto: Putri Dwi H

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


389

Back to Top