PESONA AIR TERJUN GRENJENG DI BLITAR SELATAN

PESONA AIR TERJUN GRENJENG DI BLITAR SELATAN

Friday, 15-03-2019 | 14:19

 

Blitar Raya memang memiliki pilihan tempat wisata yang beragam. Meski dominan dengan wisata sejarah seperti candi, petilasan maupun makam para raja, namun Blitar baik kabupaten maupun kotanya masih memiliki jenis wisata lain seperti halnya pantai, perkebunan maupun air terjun. Untuk air terjun, Blitar memang populer dengan Air Terjun Sirah Kencong di Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Tapi masih ada lagi air terjun tersembunyi di Blitar yakni Air Terjun Grenjeng.

 

Baca juga: “Pesona Dua Alam di Sirah Kencong Blitar

 

Air Terjun Grenjeng terletak di Blitar Selatan, tepatnya di Desa Balerejo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur atau searah dengan jalan saat menuju Pantai Peh Pulo. Air terjun ini letaknya memang tidak mudah ditemukan. Akses jalan menuju lokasi juga terbilang kurang baik, di mana jalan masih sempit, berkelok dan menjanjak. Jadi, bagi Trippers yang mengendarai kendaraan roda empat wajib ekstra hati-hati.

 

Air Terjun Grenjeng memiliki ketinggian kurang lebih 20 m dengan debit air yang cukup deras. Seperti air terjun pada umumnya, pada bagian bawah terdapat pula kolam alami dengan kedalaman 2 m berair jernih berwarna kehijauan. Airnya segar, bagi yang bisa berenang kolam ini sangat tepat dimanfaatkan untuk berbasah-basahan. Meski demikian, Air Terjun Grenjeng bukanlah air terjun yang mengalir dari sebuah sumber mata air alami. Sehingga saat hujan turun, tempat ini tidak boleh dikunjungi mengingat kemungkinan besar terjadinya banjir besar.

 

 

Belakangan ini Air Terjun Grenjeng cukup menyita perhatian banyak orang, terbukti tempat ini sering ramai dikunjungi terutama pada hari libur. Hanya saja, fasilitas yang tersedia sama sekali belum lengkap. Belum ada kamar mandi, tempat makan maupun mushola. Sementara akses menuju air terjun dari tempat parkir juga kurang terawat. Sebut saja salah satunya pada jembatan bambu yang tampak sudah sangat lapuk dan rentan untuk roboh.

 

 

Untuk menuju air terjun, Trippers wajib menyusuri perkebunan dan sekali menyeberangi sungai. Total jarak trekking dari lokasi parkir ke lokasi air terjun kurang lebih 300 m. Tak ada tanjakan yang berarti, sebagian besar merupakan jalan tanah di antara tanaman jagung yang cukup landai.

 

Trippers yang ingin menyambangi Air Terjun Grenjeng, tempat ini bisa diakses dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dengan jarak sekitar 75 km atau kurang lebih 3 jam berkendara. Untuk sementara tiket masuk dan ongkos parkirnya masih gratis.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


918

Back to Top