PANTAI PASIR PUTIH, PANTAI PERAWAN DI PESISIR BLITAR

PANTAI PASIR PUTIH, PANTAI PERAWAN DI PESISIR BLITAR

Wednesday, 13-03-2019 | 13:17

 

Tinggal di Blitar itu menyenangkan. Blitar baik kabupaten maupun kotanya berada di kaki Gunung Kelud dengan ketinggian 156 mdpl, sehingga suhu udaranya cukup sejuk yakni antara 24°-34° Celsius. Tapi siapa sangka Blitar juga mempunyai pantai yang tak kalah eksotisnya. Pantai yang paling populer di Blitar salah satunya adalah Pantai Pangi, pantai yang selalu dipadati pengunjung terutama saat liburan tiba.

 

Meski demikian untuk urusan pantai, Blitar tak sebatas Pantai Pangi saja. Masih ada beberapa pilihan destinasi wisata bahari di Blitar lainnya, seperti pantai perawan Pantai Pasir Putih yang terletak di Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur.

 

Karena Pantai Pasir Putih letaknya berdampingan dengan Pantai Peh Pulo, banyak orang yang menyalahartikan Pantai Pasir Putih adalah Pantai Peh Pulo yang kebetulan berada di kawasan yang sama. Pantai Pasir Putih merupakan pantai yang masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini hanya akan ramai pada hari-hari tertentu misal saat malam Tahun Baru.

 

 

Sesuai dengan namanya, pantai ini berpasir halus berwarna putih dan terlihat jelas gradasi warna hijau kebiruan pada air lautnya. Ombak cukup besar karena Pantai Pasir Putih memang salah satu deretan pantai yang masuk kawasan Pantai Selatan. Selain untuk berwisata, biasanya Pantai Pasir Putih dimanfaatkan untuk memancing ikan jenis kakap maupun tuna. Selain itu tidak jauh dari pantai terdapat pula tanah menjorok ke atas yang cukup lapang di mana area ini sering dipakai untuk kemping.

 

Baca juga: “Nggak Perlu ke Kaminoko Pond di Hokkaido, ke Blitar Aja untuk Lihat yang Begini!"

 

Pantai Pasir Putih saat ini masih berada pada tahap pengembangan. Fasilitas umum yang tersedia baru sebatas warung makan saja, sementara kamar mandi umum dan mushola belum ada. Tiket masuk dan biaya parkir pun sejauh ini masih gratis. Pantai Pasir Putih mudah diakses melalui Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dengan jarak sekitar 90 km atau kurang lebih butuh 3 jam perjalanan.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


353

Back to Top