MENYAMBANGI AIR TERJUN TERINDAH DI MOJOKERTO

MENYAMBANGI AIR TERJUN TERINDAH DI MOJOKERTO

Wednesday, 13-02-2019 | 23:36

 

Mungkin ini adalah air terjun paling indah di dataran tinggi Pacet, Mojokerto. Air terjun ini bernama Air Terjun Watu Ondo. Lokasinya masuk dalam kawasan Hutan Taman Rakyat Raden Suryo di perbatasan antara Kabupaten Mojokerto dengan Kota Batu tepatnya di Desa Pacet Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur.

 

Air Terjun Watu Ondo memiliki nama lengkap Air Terjun Kembar Watu Ondo. Sesuai dengan namanya, air terjun ini ada dua, di mana air terjun utama memiliki tinggi 70 m dan air terjun kedua setinggi 15 m. Di kedua air terjun tersebut masing-masing terdapat sebuah kolam alami tepat di bawahnya dan sangat aman bagi yang ingin berenang.

 

 

Airnya sangat jernih dan menyegarkan, hal ini disebabkan karena air terjun tersebut letaknya berada di lereng Gunung Welirang. Pemandangannya juga begitu mempesona dengan hamparan pepohonan tinggi serta tebing yang samar terlihat berwarna coklat kemerahan di antara hijaunya tumbuhan.

 

 

Air Terjun Watu Ondo ini sebenarnya lebih mudah jika dijangkau dari Kota Malang, sebab jalan yang dilewati lebih ramah dan tidak seekstrem jika dari Kota Surabaya. Jadi jika datang dari Surabaya, pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik dan penuh kewaspadaan, mengingat selama perjalanan akan melewati banyak tikungan sekaligus tanjakan, seperti halnya Tikungan Gajahmungkur.

 

Tikungan Gajah Mungkur

 

Sesampainya di lokasi parkir kendaraan, pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh kurang lebih 300 m melalui jalan anak tangga permanen dengan dilengkapi pengaman besi di sisi kanan dan kiri.

 

Jalan setapak menuju air terjun

 

Meski mempunyai penampilan yang luar biasa indahnya, Air Terjun Watu Ondo masih terbilang sepi pengunjung. Jadi kita akan merasakan suasana tenang, nyaman dan begitu asri.

 

Baca juga: "Air Terjun Dlundung, Tempat Wisata Keluarga di Lereng Gunung Welirang"

 

Akses menuju lokasi bisa melalui Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dengan jarak sekitar 45 km atau kurang lebih membutuhkan waktu 1,5 jam berkendara. Sementara jika ditempuh dari Bandara Juanda Surabaya membutuhkan waktu sedikit lebih lama yakni kurang lebih 2 jam berkendara atau berjarak sekitar 65 km. Tiket masuknya Rp10.000 per orang, sementara biaya parkir kendaraan roda dua Rp5.000 dan kendaraan roda empat Rp10.000. Fasilitas umum yang tersedia saat ini adalah warung makan dan toilet.

Teks: Arief Nurdiysansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


129

Back to Top