BISA JADI INI SATU-SATUNYA PANTAI BERAIR BIRU DI PANTURA JAWA TIMUR

BISA JADI INI SATU-SATUNYA PANTAI BERAIR BIRU DI PANTURA JAWA TIMUR

Sunday, 03-02-2019 | 00:21

 

Dalam hal pantai terutama di Pulau Jawa, kawasan pansela atau pantai selatan memang tak diragukan lagi keindahannya. Dengan kejernihan air serta gradasi warna biru atau kehijauan selalu tampak di tepian pantai, membuat deretan pantai selatan menjadi lokasi favorit untuk berwisata. Lalu bagaimana dengan kawasan pantura, apakah semenarik pansela? Sejauh ini pantai di kawasan pantura atau pantai utara memang tak sebagus pansela, mayoritas airnya keruh, berwarna abu-abu kecoklatan dan tak nampak keindahannya.

 

Baca juga: "Menikmati Cahaya Surga di Gua Putri Asih"

 

Kekeruhan air di pantura bisa jadi disebabkan oleh keadaan mayoritas pantainya yang berlumpur. Sehingga wajar di pantura sering ditemui tumbuhan mangrove, tumbuhan yang menyukai daerah berlumpur atau pantai dengan karakteristik gelombang laut kecil dan teduh. Hal ini bisa diamati di beberapa pantai di pantura seperti Pantai Kutang di Lamongan atau Pantai Ayang-Ayang di Pulau Mengare, Gresik di mana di kedua pantai banyak sekali ditemukan tanaman mangrove.

 

Lantas apakah semua pantai di pantura tak sedap dipandang? Tidak, sebab di Tuban terdapat satu pantai berair biru layaknya pantai di pansela, namanya Pantai Remen. Nama Pantai Remen begitu istimewa dan selalu menjadi primadona banyak wisatawan. Selain berair jernih dan biru, Pantai Remen juga dipercantik dengan adanya hamparan pasir putih, laguna kecil berair hijau serta gelombang ombak yang relatif sangat kecil.

 

 

Dengan keistimewaan Pantai Remen, tak ayal pantai ini selalu ramai pengunjung terutama pada hari Minggu atau hari libur. Rombongan kendaraan baik kendaraan roda dua hingga bus memadati seisi ruang parkir. Para pengunjung bisa sepuasnya berenang menikmati kejernihan air pantai dengan aman. Bagi yang ingin bersantai, terdapat pula deretan pohon cemara laut yang tumbuh merata di antara pantai dengan laguna, bisa dimanfaatkan sebagai peneduh sembari menikmati semilir angin.

 

 

Bagi yang ingin melepas dahaga, telah tersedia warung-warung tradisional yang berbaris merata di tepian pantai. Di warung inilah para pengunjung biasa menikmati segarnya air kelapa muda sambil beristirahat di gazebo-gazebo milik warung makan. Bagi yang punya rencana liburan ke Tuban, pantai ini sangat wajib dikunjungi. Letaknya tidak jauh dari Jalan Raya Tuban-Semarang, tepatnya di Desa Remen Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur.

 

Laguna di Pantai Remen

 

Pantai Remen lebih dekat diakses dari Bandara Juanda Surabaya dengan jarak sekitar 140 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam berkendara. Selain warung makan, Pantai Remen juga menyediakan kamar bilas dan juga mushola. Sementara tiket masuk dilihat dari jenis kendaraan, yakni Rp2.500 per kendaraan roda dua, Rp5.000 per kendaraan roda empat dan Rp10.000 untuk kendaraan jenis minibus maupun bus.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


547

Back to Top