MENCARI KETENANGAN DI HAMPARAN KEBUN TEH TRITIS

MENCARI KETENANGAN DI HAMPARAN KEBUN TEH TRITIS

Saturday, 26-01-2019 | 15:47

 

Kebun Teh Tritis terletak di Dusun Tritis Desa Ngargosari Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Kebun teh ini menjadi alternatif wisata perkebunan selain Kebun Teh Nglinggo. Jika Kebun Teh Nglinggo yang mempunyai luas lahan 72 ha sudah terlalu ramai oleh pengunjung, beda halnya dengan Kebun Teh Tritis ini yang hanya seluas 1 ha dan selalu tampak adem ayem, tenang dan jauh dari membludaknya pengunjung.

 

Kebun Teh Tritis dikelola langsung oleh sang pemilik Bapak Purwanto. Selain adanya perkebunan teh, di sana juga terdapat sebuah rumah sederhana yang digunakan untuk kantor sekretariat Kelompok Usaha Bersama (KUB). Sebagai fasilitas yang memanjakan pengunjung, dia menyediakan kedai kayu beratap ijuk tepat di bawah kebun teh sebagai tempat beristirahat sambil mencicipi maupun membeli teh mentah hasil olahan Kebun Teh Tritis.

 

 

Untuk menyusuri kebun teh telah disediakan jalan setapak di hamparan terasering yang tersusun rapi dengan tinggi yang sama di tiap lariknya. Sementara jika cuaca sedang cerah, pada bagian paling puncak dapat disaksikan jajaran bukit-bukit lain serta pemandangan Pegunungan Menoreh. Bagi penggemar foto selfie, sang pemilik membuat spot selfie berupa sebuah panggung kecil terbuat dari kayu yang menghadap ke hamparan hijau kebun teh.

 

Baca juga: "Ini Dia 3 Kebun Teh Instagenic di Bandung"

 

Bagi yang ingin mengunjngi Kebun Teh Tritis, tempat ini mudah diakses dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dengan jarak berkisar 45 km atau kurang lebih 1,5 jam berkendara. Harga tiket masuk hanya Rp2.000 per orang dan harga segelas teh Rp5.000. Sementara biaya parkir kendaraan Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

 

Hal yang wajib diperhatikan adalah, saat memasuki kawasan Dusun Tritis kendarailah kendaraan dengan hati-hati, sebab Dusun Tritis yang menjadi bagian lereng Pegunungan Menoreh memiliki jalan yang berkelok, sempit dan menanjak.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


789

Back to Top